Follow Us

Mau Dosa Setahun Lalu Dihapus? Jangan Lupa Puasa Asyura, Catat Waktunya dan Inilah Bacaan Doa Niat Puasa Asyura

Rizki Dewi Ayu - Sabtu, 06 Agustus 2022 | 11:00
Niat Puasa Asyura, Puasa Asyura jatuh tanggal berapa?
Shutterstock

Niat Puasa Asyura, Puasa Asyura jatuh tanggal berapa?

Suar.ID - Pada 10 Muharram mendatang, terdapat amalan puasa sunnah yakni Puasa Asyura. Inilah bacaan doa niat puasa Asyura.

Puasa Asyura merupakan puasa yang sangat dianjurkan oleh Agama Islam. Karena bulan terbaik untuk berpuasa selain bulan Ramadan adalah bulan Muharram.

Rasulullah ﷺ Bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam." (HR Muslim).

Selain itu, Puasa Asyura memiliki keutamaan yang sangat dahsyat yakni dapat menghapus dosa satu tahun yang lalu.

Hal itu seperti diriwayatkan dalam Hadist Tirmidzi, Dari sahabat Abu Qatadah, bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersabda, “Puasa hari Asyura, aku berharap kepada Allah agar Ia mengampuni dosa setahun yang lalu” (HR at-Tirmidzi).

Disebutkan dalam riwayat yang lain pula, bahwa Nabi Muhammad ﷺ ditanya tentang puasa Asyura, maka beliau menjawab, “(Puasa tersebut) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).

Kendati demikian, melansir dari islam.nu.or.id dosa yang terhapus sejatinya adalah dosa-dosa kecil, bukan dosa besar.

Lalu kapan waktu puasa Asyura?

Melihat dari SKB 3 Menteri yang menyebut 1 Muharram 1444 H jatuh pada 30 Juli 2022 lalu, maka puasa Asyura bertepatan pada Senin, 8 Agustus 2022.

Tentunya, sebelum berpuasa Asyura baiknya untuk melakukan niat Puasa Asyura. Berikut adalah bacaan doa niat Puasa Asyura

Halaman Selanjutnya

Niat Puasa Asyura
1 2

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest