Follow Us

Inilah Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriah Terbaik, Lengkap dengan Tata Caranya, Sebaiknya Dibaca di Waktu ini!

Aditya Eriza Fahmi - Jumat, 29 Juli 2022 | 20:03
Ilustrasi doa - Berikut ini bacaan doa akhir tahun Hijriah terbaik disertai tata caranya dan waktu yang tepat untuk dibaca.
pinterest

Ilustrasi doa - Berikut ini bacaan doa akhir tahun Hijriah terbaik disertai tata caranya dan waktu yang tepat untuk dibaca.

Suar.ID - Jelang akhir tahun Hijriah ini, tak ada salahnya menutupnya dengan membaca doa akhir tahun.

Untuk itulah umat muslim perlu tahu bacaan doa akhir tahun ini.

Lalu seperti apakah bacaan doa akhir tahun ini?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini bacaan doa akhir tahun.

Bacaan Doa Akhir Tahun

Ilustrasi doa
Pexels

Ilustrasi doa

Berikut bacaan doa akhir tahun terbaik sebagaimana dituliskan dari Kitab al-Jami' al-Kabir, karya Imam as-Suyuthi:

اَللّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِيْ هذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنَيْ عَنْهُ وَ لَمْ تُرُضِهِ وَ نَسِيْتَهُ وَ لَمْ تَنْسَهُ وَ حَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَي عُقُوْبَتِيْ وَ دَعَوْتَنِيْ اِلَي التَّوْبَةِ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيتَكَ اَللّهُمَّ فَاِنِّيْ اسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ وَ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدتْنِي الثَّوَابَ فَاَسْاَلُكَ اللّهُمَّ يَا ذَا الْجُوْدِ وَالْكَرَمِ اَنْ تَقْبَلَهُ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّم

Latin : Allahumma maa ‘amiltu fi haadzhis-sanati mimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubatii wa da’autanii ilat taubati ba’da jur-atii alaa ma’syiyatika, Allahumma fa inni astagfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtanitsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal judi wal karami an tataqabbalahuu minnii wa laa taqtha’ rajaaii minka yaa kariim. wa shallalahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam.

Artinya: "Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-mu, sedang kami belum bertaubat, padahal engkau tidak melupakannya dan engkau bersabar, yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau sudah mengajak saya untuk bertaubat sesudah saya maksiat. Karena itu ya Allah saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala yang telah saya kerjakan selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat yang maha pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas pendahulu kami Muhammad, Nabi yang Ummi dan ke atas keluarga dan sahabatnya."

Waktu yang tepat untuk membaca doa akhir tahun

Halaman Selanjutnya

Freepik Ilustrasi Doa
1 2

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya

Latest