Follow Us

95 Persen Cacar Monyet Ditularkan Melalui Aktivitas Seksual, WHO Tetapkan Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan Global!

Adrie Saputra - Rabu, 27 Juli 2022 | 07:08
Waspada Penularan Cacar Monyet, Kemenkes Imbau Masyarakat Tetap Terapkan Prokes
Kompas.com

Waspada Penularan Cacar Monyet, Kemenkes Imbau Masyarakat Tetap Terapkan Prokes

Suar.ID - WHO baru-baru ini mengklasifikasikan penyakit cacar monyet alias monkeypox sebagai darurat kesehatan global.

Menurut penelitian dalam New England Journal of Medicine, Kamis, (21/7/2022) ternyata 95 persen cacar monyet ditularkan melalui aktivitas seksual.

Dalam New England Journal of Medicine pada Kamis (21/7/2022), mengamati 528 infeksi yang dikonfirmasi di 16 negara, antara 27 April dan 24 Juni 2022.

Penelitian tersebut dipimpin oleh para ilmuwan di Queen Mary University of London, Inggris, sebagaimana dilansir AFP.

Sebelumnya, para ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperdebatkan apakah akan mengklasifikasikan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

"Penting untuk ditekankan bahwa cacar monyet bukanlah infeksi menular seksual dalam pengertian tradisional; penularan dapat terjadi melalui segala jenis kontak fisik yang dekat," kata penulis pertama penelitian tersebut, John Thornhill, dalam sebuah pernyataan.

"Namun, pekerjaan kami menunjukkan bahwa sebagian besar penularan sejauh ini terkait dengan aktivitas seksual, terutama di antara pria yang berhubungan seks dengan pria," tambah Thornhill.

Dia menuturkan, penelitian tersebut meningkatkan pemahaman terkait penularan virus cacar monyet dan kelompok penyebarannya.

Monkeypox atau cacar monyet ditularkan saat seks
dok.Shutterstock

Monkeypox atau cacar monyet ditularkan saat seks

"Yang akan membantu identifikasi cepat kasus baru dan memungkinkan kami untuk menawarkan strategi pencegahan," papar Thornhill.

Secara keseluruhan, 98 persen orang yang terinfeksi cacar monyet adalah laki-laki gay atau biseksual, 41 persen memiliki HIV, dan usia rata-ratanya 38 tahun.

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest