Follow Us

Kaketsugi: Teknik Memperbaiki Kain yang Tak Terlihat dari Jepang

Adrie Saputra - Sabtu, 23 Juli 2022 | 16:08
Kaketsugi
Oddity Central

Kaketsugi

Suar.ID - Kaketsugi secara harfiah berarti "perbaikan tak terlihat" dalam bahasa Jepang.

Kaketsugi merupakan teknik menambal kain yang menakjubkan dari Jepang.

Saking hebatnya, mungkin teknik perbaikan kain yang rusak itu tidak disadari oleh orang lain.

Pasalnya, kain yang telah rusak benar-benar diperbaiki dan terlihat seperti baru lagi.Seperti namanya, teknik menambal kain yang unik ini adalah tentang memperbaiki kerusakan seperti lubang pada kain atau benang yang sobek sedemikian rupa sehingga garmen tersebut terlihat seperti baru.

Kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tetapi ada banyak video yang tersedia secara online yang mendokumentasikan prosedur dan hasil yang menakjubkan itu.Beberapa tahun yang lalu, sebuah laporan berita tentang kaketsugi oleh stasiun TV Korea Selatan SBS menjadi viral.

Ini berfokus pada karya pengrajin Jepang Takao Matsumoto, yang telah menggunakan teknik untuk memulihkan pakaian selama lebih dari 55 tahun.

Meskipun Matsumoto bukan satu-satunya yang berpengalaman dalam seni kaketsugi – stasiun NHK Jepang pernah menampilkan tim ayah-anak, Kataoka Tesshu dan Goto Yoshiko, tahun lalu.

Kaketsugi
Oddity Central

Kaketsugi

Kaketsugi adalah proses melelahkan yang dimulai dengan mengeluarkan sepotong kecil kain dari dalam garmen, di mana ketidakhadirannya tidak akan diperhatikan.

Potongan ini kemudian disikat dengan larutan berbasis aseton yang membuat penghapusan benang individu sedikit lebih mudah.Memisahkan potongan kain menjadi beberapa helai benang mungkin merupakan bagian yang paling melelahkan dari kaketsugi.

Akan tetapi para ahli kerajinan ini mengklaim bahwa menggunakan kain yang sama persis dengan yang digunakan untuk membuat garmen sangat penting untuk membuat perbaikan benar-benar tidak terlihat pada akhirnya.Benang yang baru diperoleh kemudian dijahit dengan hati-hati di atas lubang atau area yang rusak pada garmen, dari berbagai arah, dan dari kedua sisi kain.

Setelah proses menjahit selesai, ikatan perekat diterapkan di atas area yang diperbaiki, dan sisa benang digunakan untuk menutupi kerusakan lebih jauh lagi.Akhirnya, area yang diperbaiki dengan kaketsugi disetrika.

Itu membantu menghaluskan semuanya dan pada titik ini, hampir tidak mungkin untuk melihat di mana lubang itu berada.

Source : Oddity Central

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest