Follow Us

Nggak Perlu Beli Yang Baru, Cukup Pakai Yang Ada, SayaPilihBumi Selenggarakan Gerakan Saling Bertukar Bertajuk 'Dibuang Sayang' Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup

Moh. Habib Asyhad - Rabu, 01 Juni 2022 | 10:57
SayaPilihBumi akan menyelenggarakan Gerakan Saling Bertukar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni 2022.
SayaPilihBumi

SayaPilihBumi akan menyelenggarakan Gerakan Saling Bertukar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni 2022.

Suar.ID - SayaPilihBumi akan menyelenggarakan Gerakan Saling Bertukar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2022 nanti.

Gerakan bertajuk "Dibuang Sayang" ini dibuat SayaPilihBumi sebagai bentuk kepedulian terhadap membludaknya sampah tekstil dan serta kampaye fesyen berkelanjutan.

SayaPilihBumi siap menggelar kegiatan Barter.in Vol. 1: Gerakan Saling Bertukar pada Jumat, 3 Juni, di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan.

Sebagai informasi, Barter.in sendiri adalah sebuah kegiatan yang bertujuan meminimalkan tingkat konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan sehari-hari.

Sekaligus untuk mengampanyekan gerakan #TakPerluBeliBaru dengan cara tukar-menukar satu barang dengan yang lainnya.

"Barter.in ini adalah gerakan saling bertukar. Jadi tak perlu membeli sesuatu yang baru, cukup pakai yang ada," kata Head of Community and Campaign National Geographic Indonesia, Diky Wahyudi Lubis.

"Gerakan ini juga dibuat untuk menanamkan bahwa its okay to repeating same clothes, same things dalam waktu yang lama. Daripada membeli baru, Barter.in bisa menjadi salah satu solusi."

Diky menambahkan: kegiatan Barter.id Volume 1: Gerakan Saling Bertukar pada 3 Juni mendatang merupakan kolaborasi antara SayaPilihBumi dan Kompas Gramedia yang juga didukung oleh Bentara Budaya Jakarta.

Fokus utama kegiatan ini adalah mengajak masyarakat mengurangi sampah tekstil.

"Industri mode terutama fast fashion memberikan pilihan kepada konsumen untuk membeli banyak pakaian dengan harga yang terjangkau dan usia pakaian yang relatif pendek sehingga limbah tekstil terus meningkat," tambah Diky lagi.

Seperti disebut di awal, kegiatan dibuat dengan tema "Dibuang Sayang", ada beberapa kegiatan yang akan dilangsungkan selama Barter.in Vol. 1.

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest