Follow Us

Kota Ini Setiap Tahun Memiliki Fenomena 'Hujan Ikan' hingga Menarik Banyak Turis dari Seluruh Dunia

Adrie Saputra - Jumat, 22 April 2022 | 19:02
Hujan ikan di sebuah kota kecil di Honduras.
Oddity Central

Hujan ikan di sebuah kota kecil di Honduras.

Suar.ID - Setiap tahun, Yoro, sebuah kota kecil di Honduras utara, diduga mengalami fenomena misterius yang dikenal sebagai "Lluvia de Peces" atau hujan ikan.Fenomena hujan ikan telah dilaporkan di banyak tempat di seluruh dunia, tetapi departemen Yoro, Honduras, adalah satu-satunya tempat di mana hujan ikan terjadi setiap tahun.

Bahkan terkadang beberapa kali per tahun.

Lluvia de Peces yang sekarang dilaporkan terjadi antara Mei dan Juni, biasanya setelah badai yang sangat kuat.

Hal yang paling aneh dari kejadian yang tidak biasa ini adalah, meskipun merupakan peristiwa tahunan, tidak ada yang pernah benar-benar melihat ikan jatuh dari langit.

Namun ada bukti foto dan video dari ratusan ikan yang menutupi seluruh area setelah badai dahsyat, jadi itu pasti tidak dapat diabaikan hanya sebagai legenda sederhana.

Para ilmuwan telah benar-benar menyelidiki fenomena tersebut untuk memberikan penjelasan yang masuk akal.Ketika berbicara tentang Lluvia de Peces, kebanyakan orang Yoro merujuk pada legenda misionaris Spanyol Pastor Jose Manuel Subirana, yang mengunjungi departemen itu sekitar tahun 1850-an atau 60-an.

Setelah menyaksikan kemiskinan penduduk setempat secara langsung, ia berdoa selama tiga hari tiga malam, meminta Tuhan untuk menyediakan makanan bagi mereka.

Suatu hari, langit menjadi gelap dan ikan mulai menghujani dari langit, yang dikenal sebagai Lluvia de Peces yang pertama.

Keajaiban itu dilaporkan terjadi setiap tahun sejak itu."Ini keajaiban, kami melihatnya sebagai berkah dari Tuhan," kata seorang warga setempat kepada The New York Times."Ini adalah rahasia yang hanya diketahui oleh Tuhan kita."

"Ini adalah berkat yang besar karena datang dari langit kita," kata seorang Pendeta Evengelical di departemen Honduras.Jadi apa yang sebenarnya terjadi selama Lluvia de Peces?

Yah, sepertinya tidak ada yang tahu pasti.

Meskipun beberapa penduduk setempat benar-benar percaya bahwa ikan jatuh dari langit, sayangnya tidak ada yang benar-benar melihat hujan ikan secara langsung.Pada tahun 1970, sebuah tim ilmuwan kebetulan berada di Yoro ketika Lluvia de Peces saat fenomena hujan ikan itu terjadi, dan meskipun mereka tidak melihat hujan ikan itu sendiri, mereka memastikan bahwa tanah itu tertutupi oleh ikan.

Source : The New York Times, Oddity Central

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest