Follow Us

Saking Tipisnya, Gedung Pencakar Langit Ini Bisa Bergoyang Kalau Tertiup Angin!

Adrie Saputra - Senin, 18 April 2022 | 19:37
Steinway Tower
Facebook

Steinway Tower

Suar.ID - Dengan rasio tinggi dan lebar 24:1, Steinway Tower, sebuah gedung apartemen mewah 84 lantai di Manhattan, secara resmi merupakan gedung pencakar langit tertipis di dunia.Steinway Tower adalah pencapaian arsitektur yang mengesankan.

Gedung ini juga merupakan yang tertinggi ketiga di Belahan Barat - setelah One World Trade Center (1.776 kaki atau sekitar 541 meter) dan Central Park Tower (1.550 kaki atau sekitar 472 meter).

Namun yang menarik dari gedung ini adalah karena ketipisannya.

Meskipun berdiri setinggi 1.428 kaki (sekitar 435 meter) dan terlihat mengesankan, Steinway Tower hanya selebar 60 kaki (sekitar 18 meter).

Sangat tipis sehingga surat kabar The Guardian menjulukinya "pengaduk kopi".

Sebagai perbandingan, Steinway Tower selebar arena bowling panjangnya.Meskipun Menara Steinway dibangun dari beton terkuat di dunia, itu tidak kebal terhadap fenomena yang mempengaruhi hampir semua gedung pencakar langit – bergoyang.

Steinway Tower
Facebook

Steinway Tower

Seperti yang dikatakan insinyur struktural Rowan Williams Davis dan Irwin kepada NY Times pada tahun 2015, menara setinggi 1.000 kaki akan bergoyang dari beberapa inci pada hari berangin biasa menjadi dua kaki pada hari angin 100 mil per jam yang langka.

Triknya adalah mendesainnya agar penghuni tidak pernah benar-benar merasakan pergerakannya.Juga dikenal sebagai menara pensil, gedung pencakar langit super tipis ini pertama kali menjadi populer di Hong Kong tahun 1970-an, tetapi sekarang juga menjadi arus utama di AS.

Namun, meskipun menawarkan pemandangan indah dari lingkungan perkotaan mereka, gedung pencakar langit ini juga bisa menjadi masalah.

Contohnya, 432 Park Avenue Tower, yang telah menjadi berita karena banyak keanehan yang dilaporkan oleh banyak penghuninya.Pada bulan September 2021, dewan kondominium menara menggugat pengembang karena gagal "merancang dan membangun gedung dengan benar untuk ketinggian yang luar biasa," yang menyebabkannya menyebabkan "kebisingan dan getaran yang mengerikan dan mengganggu" di rumah.

Namun, tidak satu pun dari itu telah dilaporkan di Steinway Tower.Menara Steinway mungkin menyandang gelar gedung pencakar langit tertipis di dunia, tetapi harga perumahan di gedung yang baru diresmikan sama sekali tidak murah.

Apartemen studio mulai dari 7,75 juta dolar (sekitar Rp 110 miliar), sedangkan apartemen penthouse bisa mencapai harga 66 juta (sekitar Rp 940 miliar).Meskipun Menara Steinway mungkin sangat ramping untuk sebuah menara perumahan, itu jelas bukan menara tertipis di dunia.

Gelar itu saat ini dimiliki oleh menara observasi pantai i360 di Brighton, Inggris.

Diameternya hanya 3,9 meter, dengan rasio tinggi dan lebar lebih dari 40:1.

Source : Oddity Central

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest