Follow Us

Hore! Eks-Pengungsi Timor Timur Akhirnya Dapat Bantuan Rumah, 300 Unit Rumah Khusus Tengah Dibangun

Adrie Saputra - Jumat, 04 Maret 2022 | 17:32
Rumah khusus (rusus) bagi eks-pengungsi Timor Timur.
Kompas.com

Rumah khusus (rusus) bagi eks-pengungsi Timor Timur.

Suar.ID - Sebanyak 300 unit rumah khusus (rusus) tengah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rusus ini dibangun di daerah perbatasan RI-Timor Leste untuk Warga Negara Indonesia (WNI) eks-pengungsi Timor Timur.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pembangunan rusus merupakan komitmen pemerintah dalam penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat melalui Program Sejuta Rumah.

Baca Juga: Berhasil Nikung Luna Maya yang Cantiknya Bukan Main, Reino Barack Bisa-bisa Dibuat Menyesal Jika Tahu Penampilan Syahrini di Masa Lalu

Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk pemerataan hasil pembangunan di seluruh pelosok negeri, terutama di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T)."Ini merupakan bukti nyata bahwa Pemerintah hadir dalam penyediaan hunian layak," tegas Basuki dikutip dari Kompas.com, Senin (13/09/2021).

Baca Juga: Sakit Hatinya Terlalu Dalam Pada Baby Sitternya, Putra Sulung Mawar AFI yang Dikenal Manja Berniat Balas Dendam, Eks Steno Ricardo: Seluka itu!

Dia berharap bahwa pembangunan rusus tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat, serta nyaman.Pembangunan 300 unit rusus dibagi dalam tiga tahap selama 2020-2021, masing-masing tahap terdiri dari 100 unit.

Rusus tersebut dibangun menggunakan teknologi Rumah Instan Sehat Sederhana Sehat (RISHA) tipe 36 kopel.

Rumah khusus (rusus) bagi eks-pengungsi Timor Timur.
Kompas.com

Rumah khusus (rusus) bagi eks-pengungsi Timor Timur.

Pembangunan tahap I telah tuntas dilakukan pada tahun lalu dan sudah digunakan sebagai hunian sementara.

Lokasinya berada di Desa Tohe, Kecamatan Raihat.

Tahap II juga berlokasi di desa yang sama dan dibangun pada tahun ini dalam paket pekerjaan reguler.

Baca Juga: 'Itu Nggak Permanen Kan?' Astaga, Bikin Teriak Sampai Pegang Kepala! Penampilan Zahwa Massaid saat Videocall Bikin Angelina Sondakh Syok: Nanti Kalau Mama ke Sana..Pembangunan tahap II saat ini sudah memasuki progres 65,60 persen.

Source : Kompas.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest