Follow Us

Keren! Pemerintah Malaysia Sukses Atasi Banjir Berkat Pembangunan Terowongan SMART: Bisa Alihkan 5 Juta Meter Kubik Air

Adrie Saputra - Senin, 20 Desember 2021 | 16:02
Terowongan SMART di Malaysia.
WOB

Terowongan SMART di Malaysia.

Suar.ID - Bukan cuman Indonesia saja, saat ini negara tetangga, Malaysia juga sedang berusaha mengatasi banjir.

Musim hujan memang membuat beberapa daerah rawan banjir, bila Jakarta diisukan bakal tenggelam, ternyata itu juga berlaku bagi Kuala Lumpur yang memang "langganan" banjir.

Namun pemerintah Malaysia membuktikan bahwa saat ini mereka sukses mengurangi banjir berkat pembangunan terowongan SMART.

Baca Juga: Pria Ini Berlutut Mencium Kaki Ibunya yang Sudah Tua Sambil Meminta Maaf, Kisah di Baliknya Membuat Semua Netizen Banjir Air Mata

Terowongan ini merupakan satu proyek nasional di negara tersebut. SMART adalah singkatan dari Stormwater Management and Road Tunnel.

Sesuai namanya, smart juga mungkin bisa diartikan sebagai "terowongan pintar".

Baca Juga: Sempat Jadi Penyanyi Cilik yang Dikenal di Masanya, Beginilah Kabar Terkini Leony Trio Kwek Kwek, Makin Cantik dan Penampilannya Berubah Drastis Loh!

Sebab terowongan ini terbukti efektif mengatasi persoalan banjir di Malaysia.Terowongan SMART berdiameter 13,2 m terdiri dari terowongan bypass air sepanjang 9,7 km, dengan jalan tol dual-deck 4 km di dalam terowongan air.

Tujuan utama SMART adalah untuk mengatasi masalah banjir bandang di Kuala Lumpur dari Sungai Klang dan Sungai Kerayong sekaligus untuk mengurangi kemacetan saat jam sibuk.

Terowongan SMART di Malaysia.
WOB

Terowongan SMART di Malaysia.

Jadi terowongan ini memiliki 2 fungsi ganda.Melansir dari worldofbuzz.com, lebih dari 5 juta meter kubik air berhasil dialihkan dari memasuki Kuala Lumpur kemarin. Seperti dilansir Astro Awani, Kepala Sekretaris Kementerian, Datuk Seri Ir Dr Zaini Ujang, mengatakan bahwa sistem pengalihan air terowongan diaktifkan pada pukul 19:45 pada Minggu (19/12/2021).

Baca Juga: Di Hari Disabilitas Internasional, Risma Malah Paksa Anak Penyandang Tunarungu Bicara di Depan Panggung Hingga Banjir Kritikan Pedas: Ibu Pengen Melatih

Source : Worldofbuzz.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest