Follow Us

Mitos atau Fakta: Benarkah Berhubungan Intim Tiap Hari Bisa Berbahaya bagi Organ Reproduksi?

Adrie Saputra - Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:02
Ilustrasi berhubungan intim
pexels

Ilustrasi berhubungan intim

Suar.ID - Salah satu kunci untuk membahagiakan pasangan kita adalah harmonisnya hubungan di atas ranjang.

Bukan hanya bualan belaka, hal tersebut terbukti dengan temuan penelitian di jurnal Social Psychology and Personality Science pada tahun 2015.

Seperti dilansir dari Kompas.com, penelitian tersebut menemukan bahwa pasangan yang berhubungan seks seminggu sekali lebih cenderung merasa bahagia dalam hubungan mereka daripada mereka yang jarang berhubungan seks.

Tak cukup sekali, malah, menurut Psikolog dan Co-director di Modern Sex Therapy Institutes, dr. Rachel Needle, Intensitas berhubungan pasangan suami istri yang normal adalah sekitar 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Punya Arti Tersendiri, Kedutan di Paha Kiri Ternyata Berhubungan dengan Kisah Masa Lalu, Ada Apa?

Akan tetapi, beberapa pasangan suami istri memiliki intensitas yang berbeda dalam aktivitas seksual.

Lalu apakah berbahaya jika kegiatan seksual dilakukan setiap hari?

Apakah hal ini membawa pengaruh bagi kesehatan pria atau wanita?

Pendiri Andrology Corner sekaligus dokter ahli infertilitas dan kesehatan seksual pria berbasis di India, Dr Shah Dupesh, pun menjelaskan apa yang terjadi jika pria melakukan hubungan intim atau pria mengeluarkan sperma setiap hari.

Baca Juga: Tak Hanya Soal Rezeki, Arti Mitos Kupu-kupu Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa Ternyata Bisa Jadi Pertanda Buruk

"Pria mengeluarkan sperma setiap hari tidak masalah, asalkan tidak membuat ketagihan atau menyebabkan kelelahan," jelas dia, dikutip dari Andrologycorner.com via Tribun Jogja, Selasa (17/8/2021).

Menurut dr. Shah, selama ini kerap beredar mitos efek mengeluarkan sperma atau berhubungan intim setiap hari akan berbahaya bagi kesehatan terutama organ reproduksi.

Source : Kompas.com, jogja.tribunnews.com, Nakita.ID, Andrologycorner.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest