Follow Us

Waduh Kacau! Banyak Orang Timor Leste Ketahuan Masuk Indonesia Secara Ilegal, Nyesel Pisah dari Ibu Pertiwi?

Adrie Saputra - Minggu, 05 September 2021 | 13:38
Ratusan warga Timor Leste dideportasi dari Indonesia.
Kompas

Ratusan warga Timor Leste dideportasi dari Indonesia.

Suar.ID - Sebanyak 705 warga negara asing Timor Leste dideportasi melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, selama bulan Agustus 2021.Sebagian besar warga Timor Leste yang dideportasi adalah anggota perguruan silat. Mereka ternyata banyak yang masuk ke Indoesia secara ilegal untuk kepentingan pengukuhan menjadi anggota perguruan silat.

Ratusan warta Timor Leste itu akhirnya dideportasi.

Baca Juga: Cara Memancing di Genshin Impact: Membuka Kunci, Tempat Memancing, hingga Jenis Ikan Melansir dari Kompas.id, Kepala Bidang Humas Polda Nusa Tenggara Timur Ajun Komisaris Besar Rishian Krisna Budhiaswanto di Kupang, Rabu (11/8/2021), mengatakan, Timor Leste tidak mengizinkan kegiatan bela diri pencak silat dan sejenisnya. Hal tersebut membuat ratusan anak-anak muda itu datang ke Persaudaraan Setia Hati Terate di Atambua. Jarak Atambua-Dili sejauh 60 kilometer atau 5 km dari perbatasan Motaain-Batugade.

Kehadiran mereka ke Atambua diduga lewat "jalur tikus", baik darat atau laut sepanjang garis batas negara Timor Leste dengan Kabupaten Belu.

Baca Juga: Kode Redeem Genshin Impact 6 September 2021 (Update)

Mereka kemudian menetap di Atamabua tanpa dokumen keimgrasian. "Saat diperiksa, mereka tidak memiliki dokumen keimigrasian," katanya.Sementara itu Siprianus Berek (45) tokoh pemuda Atambua mengatakan, "jalur tikus" di sepanjang perbatasan Belu-Timor Leste sering digunakan untuk aktivitas ilegal. Banyak barang-barang diseludupkan antarnegara, mulai dari sepeda motor, sapi, minyak tanah, bensin, hingga barang elektronik.

Ratusan warga Timor Leste dideportasi dari Indonesia.
Kompas

Ratusan warga Timor Leste dideportasi dari Indonesia.

Namun, ia mengakui, aktivitas ilegal itu kini tidak seramai dulu. "Kita sekarang jarang mendengar penangkapan pelaku atau pengungkapan kasus penyelundupan barang-barang dari Indonesia ke Timor Leste melalui jalur tikus itu." "Mungkin pengamanan di sepanjang garis batas sudah ketat atau bisa jadi aktivitas itu berkurang akibat pandemi," kata Berek.Ia juga mengatakan ramainya jalur tikus tersebut dipicu karena warga antarkedua negara yang masih berkerabat.

Baca Juga: Kelewat Batas Bela Mati-matian Ayu Ting Ting dan Cucunya, Umi Kalsum dan Ayah Rozak Malah Terancam Masuk Bui

Ratusan warga Timor Leste dideportasi dari Indonesia.
Kompas

Ratusan warga Timor Leste dideportasi dari Indonesia.

Banyak warga Belu, Malaka, hingga Timor Tengah Utara memiliki adat, budaya, dan tradisi yang sama dengan warga Timor Leste. Ia mencontohan, ada warga Timor Leste bernama Agustinho da Cruz (27), masuk ke Malaka secara ilegal. Ia memiliki istri warga Malaka dan telah memiliki seorang anak. "Agustinho nekat masuk secara ilegal dengan alasan ingin menjadi warga negara Indonesia, mengikuti istrinya," kata Berek.

Source : Kompas.com, kompas.id

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest