Follow Us

Wow! Negara Tetangga Indonesia Ini Bakal Memasuki Fase Endemik, Apa Artinya Ini?

Adrie Saputra - Sabtu, 04 September 2021 | 14:04
Ilustrasi warga Malaysia.
WOB

Ilustrasi warga Malaysia.

Suar.ID - Pada 1 September, Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin, mengatakan bahwa warga Malaysia dapat mengharapkan negara itu memasuki "fase endemik" pada akhir Oktober tahun ini.

Fase itu akan terjadi ketika 80% dari warga Malaysia diperkirakan sudah divaksinasi dan warga akan perlu belajar bagaimana "hidup dengan virus".Tapi Anda mungkin berpikir, apa sebenarnya arti endemik dan apa bedanya dengan pandemi?

Baca Juga: Fakta Unik Karakter Baru Genshin Impact Kujou Sara: Sayap Petir!Menurut WebMD, pandemi dapat didefinisikan sebagai penyakit yang telah menyebar di wilayah yang luas, seperti di seluruh negara, benua, atau bahkan seluruh dunia.

Misalnya, Covid-19 merupakan penyakit pandemi karena telah menyebar hampir ke setiap negara di dunia.Sebuah endemik, di sisi lain, dapat digambarkan sebagai penyakit yang selalu ada dalam masyarakat atau tempat dan diharapkan untuk selalu berada di sana pada tingkat rendah, menurut Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM).

Baca Juga: Kode Redeem Genshin Impact 5 September 2021 (Update)

Contoh penyakit endemik di Malaysia adalah DBD, di negara lain misalnya Malaria atau Kolera.Ketika Khairy menyebutkan bahwa negara tersebut diperkirakan akan memasuki fase endemik pada akhir Oktober, ini berarti Covid-19 akan dianggap sebagai penyakit endemik di Malaysia dan akan selalu ada di masyarakat.Pada fase ini, mereka yang tinggal di Malaysia harus belajar hidup dengan virus sambil mengikuti prosedur operasi standar (SOP) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Beberapa SOP tersebut antara lain memakai masker di tempat umum dan melakukan tes secara rutin.Namun, memasuki fase endemik hanya dapat dicapai ketika Malaysia telah mencapai kekebalan kelompok dengan 80% populasi divaksinasi.

Baca Juga: Kicep! Ustaz Maulana Tak Berkutik Disenggol Soal Nikah Lagi hingga Seret Nama Anaknya: Perhatikan Dulu Perasaan Anak

Tidak ada jaminan bahwa vaksinasi mencegah infeksi, tetapi mengurangi kemungkinan rawat inap dan kematian.

Source : WebMD, World of Buzz

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest