Follow Us

Sering Mendengar Suara Aneh Saat Mendengar Naik Gunung? Ini Dia Penjelasan Ahli tentang Makna Mitos Suara Aneh yang Sering Terdengar Oleh Para Pendaki Gunung

Devi Nirmala Muthia - Jumat, 20 Agustus 2021 | 11:03
Ilustrasi pendaki gunung
rawpixel.com

Ilustrasi pendaki gunung

Suar.ID - Selama ini, tak jarang kita menemui beberapa mitos dari para pendaki terkait hal-hal mistis di pegunungan.

Salah satu mitos yang jamak kita jumpai adalah suara-suara aneh yang terdengar ketika para pendaki sedang menunju titik puncak gunung.

Entah itu suara teriakan seseorang, suara musik gamelan, atau suara lainnya yang cukup misterius dan aneh untuk ditemukan di titik ketinggian seperti di puncak gunung.

Lalu, dari fenomena yang jamak ini akhirnya muncul mitos yang dipercaya banyak orang bahwa gunung ini dan itu memiliki penunggu makhluk halus.

Padahal secara ilmiah, mendengar suara misterius di titik ketinggian tertentu ternyata wajar terjadi.

Dilansir kompas.com, fenomena ini ternyata tidak hanya dirasakan oleh pendaki tertentu saja, tetapi banyak yang merasakannya.

Begini penjelasannya.

Baca Juga: Katanya Lagi Diomongin di Belakang? Ini Sebenarnya Arti Mitos Telinga Merah dan Terasa Panas Secara Tiba-tiba

Dr Hermann Burgger, pimpinan Institute of Mountain Emergency Medicine di Eurac Research Italy, mengungkap atmosfer dan ketinggian gunung dapat membuat orang-orang mengalami fase ‘gila’ sesaat.

Semakin tinggi posisinya di gunung, para pendaki akan semakin mudah menangkap suara-suara misterius, yang entah berasal dari mana.

Hal ini disebabkan karena pendaki mengalami psikosis, alias gangguan mental yang membuat seseorang sulit membedakan mana kenyataan dan mana halusinasi.

Source : Kompas.com

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest