Follow Us

Masih Sering Dianggap Sepele, Padahal Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Intim Itu PENTING Banget, Berikut Penjelasan dari Ahli Kesehatan!

Devi Nirmala Muthia - Rabu, 11 Agustus 2021 | 20:00
Ilustrasi buang air kecil setelah berhubungan intim
Freepik

Ilustrasi buang air kecil setelah berhubungan intim

Suar.ID - Selama ini, belum banyak yang paham pentingnya buang air kecil setelah hubungan intim.

Banyak orang mengira hal ini merupakan hal sepele yang tidak terlalu penting untuk dilakukan.

Padahal, buang air kecil sangat disarankan oleh ahli kesehatan setelah melakukan hubungan intim.

Hal ini berkaitan dengan resiko infeksi saluran kencing yang bisa terjadi ketika miss V telah mendapati proses penetrasi.

Ada momen di mana proses penetrasi merupakan waktu di mana bakter berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Sebenarnya bagaimana penjelasannya hingga kita bisa terkena resiko infeksi saluran kencing jika tidak buang air kecil setelah lakukan hubungan intim?

Baca Juga: Akhirnya Terbongkar Alasan Nobu Mengiyakan Ajakan Gisel Lakukan Hubungan Intim Meski Harus Terbang dari Negeri Sakura Demi Video 19 Detik

"Hubungan seks bisa memindahkan bakteri dari anus ke uretra dan saluran kencing," jelas Ahli endokrinologi dan reproduksi dari Icahn School Medicine Mount Sinai AS, Alan B. Copperman, MD, seperti yang dilansir dari Self melalui Kompas.com.

Bukan hanya berisiko menginfeksi saluran kemih saja, bakteri ini dapat menjalar ke bagian lain seperti saluran penghubung ginjal dan kandung kemih hingga ke ginjal itu sendiri.

Nah, karena perempuan mempunyai uretra yang lebih pendek dibandingkan pria, ini dapat menjadikan perempuan lebih rentan terkena infeksi.

Selain itu, berdasarkan anatomi, letak uretra, Miss V, dan rektum yang berdekatan juga dapat meningkatkan kemungkinan bakteri dari rektum masuk untuk mendekati uretra saat berhubungan intim.

Source : Kompas.com, Nova, Grid

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest