Follow Us

Keren! Mahasiswa Ini Ciptakan Sepeda Motor yang Bisa Bergerak dengan Bantuan Bahan Bakar Gas Rawa

Adrie Saputra - Sabtu, 24 Juli 2021 | 20:03
Gijs Schalkx menciptakan Sloot Motor.
Oddity Central

Gijs Schalkx menciptakan Sloot Motor.

Suar.ID - Gijs Schalkx, seorang penemu dan mahasiswa teknik Belanda, memodifikasi sepeda motornya agar dapat berfungsi dengan bantuan gas alam metana (CH4) yang dijuluki "gas rawa".Bernama Sloot Motor (sloot berarti 'parit' dalam bahasa Belanda), kendaraan cerdik Gijs Schalkx ini memiliki mesin sepeda motor Honda GX160 yang dimodifikasi.

Motor ini memiliki tempat udara untuk menyimpan metana.

Penemu yang cerdas ini kemudian mengaitkan balon berisi metana ke lubang, yang berfungsi sebagai tangki bahan bakar.

Baca Juga: Keceplosan, Nassar Disebut Terlibat Pencucian Uang usai Ngaku Ditransfer Rp 300 Miliar oleh Orang tak Dikenal, Dewi Perssik: Money Laundry ya?

Mesin harus dinyalakan dengan bensin, tetapi begitu sudah nyala, mesin menggunakan metana untuk terus berjalan.

Tapi apa yang benar-benar membuat proyek Gijs istimewa adalah kenyataan bahwa ia secara manual memanen metana sendiri dari rawa dan kolam pinggir jalan.

Itu adalah sebuah pekerjaan yang memakan waktu sekitar delapan jam.

Metana yang digunakan untuk bahan bakar motor itu bertahan hingga 3 km dengan kecepatan tertinggi 43 kpj.Schalkx mengklaim bahwa dia mendapatkan ide untuk Sloot Motor-nya saat membaca tentang seorang nelayan yang diduga menggunakan metana yang dikumpulkan saat memancing untuk menggoreng telur.

Baca Juga: Inilah Sosok Prillian Berliani Pramugari yang Digrebek Ngamar sama Suami Orang, Terungkap Ternyata Pernah jadi Murid Pondok Pesantren di Yogyakarta

Dia mengadaptasi konsep tersebut agar sesuai dengan kebutuhannya, yang juga melibatkan pembuatan alat untuk memanen metana, yang dia sebut stasiun plomp."Stasiun plomp terdiri dari alat pengumpul yang ditambatkan ke air," tulis penemu di situs webnya.

"Di sebelahnya ada pompa tekanan yang terkunci di lokasi untuk memindahkan bahan bakar ke wadah bahan bakar Anda."Sementara Motor Sloot memang unik, kendaraan ini tidak dibangun sebagai alternatif serius tentang kendaraan masa depan.

Gijs Schalkx menciptakan Sloot Motor.
Oddity Central

Gijs Schalkx menciptakan Sloot Motor.

Source : Oddity Central

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest