Follow Us

Inilah Motor 48 Silinder yang Bikin Geleng-geleng Kepala: Jarak Setang dan Jok Nggak Masuk Akal!

Adrie Saputra - Senin, 05 Juli 2021 | 17:47
Motor 48 Silinder
Oddity Central

Motor 48 Silinder

Suar.ID - Dikenal sebagai Whitelock Tinker Toy, sepeda motor 48 silinder ini memegang rekor sebagai kendaraan fungsional dengan jumlah silinder terbanyak.Penggemar sepeda motor Inggris, Simon Whitelock, adalah "orang gila" yang bertanggung jawab atas keberadaan motor yang keterlaluan ini.

Desain motornya didasarkan pada Kawasaki 250 S1, sepeda yang relatif kecil dilengkapi dengan mesin 250 cc 3-silinder yang mampu mengeluarkan 31 hp.

Baca Juga: Jangan Keras Kepala! Masih Belum Percaya Adanya Covid? Inilah Deretan Seniman dan Selebritis yang Akhirnya Meninggal karena Positif Covid-19

Namun motor itu dimodifikasi sedemikian rupa hingga membuat banyak orang melongo.

Itu karena Kawasaki yang sudah "disempurnakan" ini memiliki silinder tambahan dalam jumlah banyak.

Semua silinder terhubung ke transmisi umum, dipinjam dari sepeda motor BMW, dan membutuhkan starter listrik khusus untuk memulai menghidupkan mesin.

Baca Juga: Punya Status Sama Dengan Harmoko Yang Mantan Menteri Kesayangan Suharto, Kok Bisa Pelawak Ratmi B-29 Dimakamkan Di Taman Makam Pahlawan Kalibata?

"48 silinder lebih sulit untuk dihidupkan daripada mesin sepeda motor konvensional."

"Jadi alih-alih menggunakan motor starter elektronik, kami memutuskan untuk menggunakan apa yang kami sebut 'mesin keledai' - mesin sub-50cc kecil - ini akan menghidupkan mesin 48 silinder," jelas Simon Whitelock saat pertama kali meluncurkan kreasinya, pada tahun 2003.Pada dasarnya, Whitelock Tinker Toy memiliki 16 mesin in-line, ditambah mesin ke-17 yang berfungsi sebagai starter.

Motor 48 Silinder
Oddity Central

Motor 48 Silinder

Motor Kawasaki ini tidak pernah dibangun dengan kepraktisan, efisiensi atau bahkan fungsionalitas dasar.

Melihat jarak antara setang dan tepi depan jok, sulit dipercaya ada orang yang bisa mengendarainya selama lebih dari beberapa menit di pameran sepeda motor.

Source : Oddity Central

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest