Follow Us

Bikin Melongo! Inilah Misteri Tanaman Raksasa yang Ada di Pulau Sakhalin

Adrie Saputra - Sabtu, 19 Juni 2021 | 12:00
Tanaman Raksasa di Pulau Sakhalin
Oddity Central

Tanaman Raksasa di Pulau Sakhalin

Suar.ID - Terletak di Timur Jauh Rusia, Pulau Sakhalin diduga memiliki tanaman umum seperti buckwheat, burdock, dan butterbur yang dapat tumbuh hingga 5 meter.Pulau Sakhalin dikenal sebagai pulau terbesar di Federasi Rusia, Sakhalin juga merupakan titik pertikaian antara Jepang dan Rusia selama berabad-abad.Namun, menurut laporan yang tidak jelas selama lebih dari satu dekade, pulau paling utara di kepulauan Jepang, serta Kepulauan Kuril di dekatnya adalah rumah bagi versi tanaman herba biasa dengan ukuran yang benar-benar raksasa.

Baca Juga: Masih Ingat Sosok Nenek Berusia 53 Tahun yang Awet Muda Bak ABG ini? Lama Tak Terdengar Kabarnya Kini Tenar Jadi Selebgra, Berikut Potretnya Saat Adu Cantik Bareng MantuTanaman yang biasanya mencapai lutut orang dewasa, di pulau ini diduga tumbuh beberapa kali tinggi manusia.Menurut laporan tahun 2009 di surat kabar Rusia Izvestia, ilmuwan Rusia telah lama mempelajari tanaman raksasa yang tumbuh di daerah tertentu di Pulau Sakhalin.

Baca Juga: Meski Non-Muslim, Celine Evangelista ini Kerap Ikut Kajian Hingga Disebut-sebut Bakal Jadi Mualaf, Kini Istri Stefan William ini Tetiba Unggah Tausyiah Islami dan Singgung Soal Sedekah, Ada Apa Ya?

Tanaman buckwheat setinggi 3 meter, daun burdock yang mencapai 5 meter terdengar seperti sesuatu dari cerita "Jack and the Beanstock", tetapi foto-foto tanaman raksasa yang beredar di media sosial menunjukkan bahwa ada beberapa kebenaran dari klaim ini.Para peneliti dari Institut Geologi dan Geofisika Kelautan dan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dilaporkan melakukan penelitian terhadap tanaman herba berukuran besar yang tidak biasa di 12 wilayah berbeda di selatan pulau Sakhalin dan Kunashir, dan menemukan bahwa tanaman raksasa hanya tumbuh di wilayah tertentu saja.

Tanaman Raksasa di Pulau Sakhalin
Oddity Central

Tanaman Raksasa di Pulau Sakhalin

Tampaknya tanaman dipengaruhi oleh beberapa faktor.Ukuran tanaman yang mengesankan ternyata tidak akan bisa tumbuh besar Ketika dicoba ditanam di tempat lain.Ketika dikeluarkan dari lingkungan dan ditanam di tempat lain, tanaman hanya tumbuh ke ukuran biasa.

Baca Juga: Tinggal Selangkah Lagi Jadi Nyonya Rizky Billar, Lesty Kejora Terang-terangan Singgung Orang yang Tak Sukai Dirinya dan Sang Kekasih, Sebut Soal yang Suka Tetap Tak Suka, Sindir Siapa Nih?

Tanaman raksasa tumbuh di tanah gley, tergenang air yang terletak di atas patahan kerak bumi, di mana sejumlah besar panas dan hidrokarbon minyak bumi disuplai ke akar tanaman.Konsentrasi yang lebih tinggi dari senyawa tembaga dan kromium juga diidentifikasi sebagai faktor potensial pertumbuhan yang luar biasa.

Tanaman Raksasa di Pulau Sakhalin
Oddity Central

Tanaman Raksasa di Pulau Sakhalin

Foto tanaman raksasa ini antara lain buckwheat, burdock, dan butterbur – yang diduga tumbuh di Sakhalin dan beberapa pulau Kuril.Foto-foto tersebut kemudian menjadi viral di media sosial.

Umpan balik publik telah beragam, dengan beberapa netizen membenarkan ketinggian tanaman, namun juga ada netizen yang menolak klaim tersebut sebagai cerita belaka.

Source : Oddity Central

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest