Follow Us

Miris! Guru TK yang Gaji per Bulannya Rp 400 Ribu Ini Nyaris Bunuh Diri Gara-gara Terjerat Pinjol sekitar Rp 40 Juta

Adrie Saputra - Minggu, 23 Mei 2021 | 17:07
Ilustrasi pinjol.
Pixabay

Ilustrasi pinjol.

Suar.ID - Seorang guru di taman kanak-kanak (TK) di Kota Malang berinisial S (40) nyaris bunuh diri setelah terjerat pinjaman online (pinjol) hingga sekitar Rp 40 juta di 24 aplikasi.

Guru wanita tersebut sempat berkeinginan untuk bunuh diri akibat diteror oleh debt collector dari aplikasi peminjaman online itu.

Mengutip dari Kompas.com, S terpaksa meminjam uang di aplikasi pinjol untuk kebutuhan membayar kuliahnya.

S kuliah sebagai syarat untuk bisa tetap mengajar di TK tempatnya mengajar.

Baca Juga: Mana yang Harus Didahulukan? Puasa Syawal Atau Bayar Utang Puasa Terlebih Dahulu, Berikut Penjelasan Serta Bacaan Niat Puasa Syawal...

Di TK tersebut, S sudah mengajar selama 13 tahun.

"Awal cerita saya pinjam online adalah karena kebutuhan untuk membayar biaya kuliah di salah satu universitas di Kota Malang sebesar Rp 2.500.000 karena memang dari tuntutan lembaga tempat saya mengajar harus punya ijazah S1," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (17/5/2021) malam.Kondisi terakhir gajinya Rp 400.000 sebulan.

Baca Juga: Kisah Sriyanti: Janda 16 Anak yang Jualan Es Cendol untuk Menghidupi Keluarganya

Karena sudah mengajar selama 13 tahun, tidak tahu saya jenjang kenaikan gajinya berapa.

Tapi, kondisi terakhir sebelum dipecat Rp 400.000 sebulan," kata Slamet Yuono, kuasa hukum S dari Kantor Hukum 99 dan Rekan.

S lantas terjerat di sejumlah aplikasi pinjaman online karena untuk membayar pinjaman yang sebelumnya, dia terpaksa meminjam di aplikasi online yang lain.

Sampai akhirnya S meminjam di 24 pinjaman online dengan nilai sekitar Rp 40 juta.Slamet Yuono mengatakan, kasus ini bermula dari ketidaktahuan S terhadap pinjaman online.

Source : Kompas.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest