Follow Us

Pernikahan Mary, Ratu Skotlandia, Diklaim Seratus Kali Lebih Cantik daripada Dewi Surga, Pesta Hingga Larut Malam

K. Tatik Wardayati - Kamis, 06 Mei 2021 | 18:00
Pernikahan Ratu Mary Skotlandia dan Raja Francis II
world history

Pernikahan Ratu Mary Skotlandia dan Raja Francis II

Suar.ID – Mary menikah dengan Francis, Dauphin dari Prancis pada 24 April 1558.

Mary menjadi Ratu Skotlandia ketika dia berusia kurang dari seminggu, setelah kematian ayahnya, James pada bulan Desember 1542.

Dimahkotai pada usia sembilan bulan, dia bertanggung jawab atas Earl of Arran dan kemudian ibunya yang tak diragukan lagi, Mary Guise, yang berasal dari salah satu keluarga aristokrat terkuat di Prancis.

Seorang Katolik Roma dan pemimpin dari tahun 1554, ia harus menghadapi gelombang naiknya Protestan di Skotlandia dan intrik Inggris yang mencoba memaksakan pernikahan antara bayi ratu dan Edward Tudor, pewaris muda tahta Inggris.

Baca Juga: Rahasia Sepatu Kulit Hitam Pangeran Philip, Dipakai Saat Menikahi Ratu Elizabeth II hingga Akhir Hayatnya untuk Hadiri Acara Ini

Itu bukanlah prospek yang bisa ditolerir oleh Mary of Guise dan pada tahun 1548 Mary yang berusia lima tahun dikirim ke neneknya Antoinette of Guise di Prancis, di mana rombongan Skotlandia-nya dianggap sangat biadab dan dengan cepat disingkirkan, dan dia dibesarkan sebagai seorang wanita Prancis Katolik.

Bahasa Prancis menjadi bahasa pertamanya, dia selalu menyebut dirinya Marie Stuart dan dia suka menari dan berburu.

Dia tumbuh dengan menyenangkan menawan, anggun dan menarik, Prancis jatuh cinta padanya dan Henry II dari Prancis memutuskan untuk menikahkannya dengan putra dan pewarisnya, putri yang sakit-sakitan Francis.

Sebuah perjanjian pernikahan ditandatangani dengan Skotlandia, yang menyatakan bahwa Skotlandia dan Prancis pada akhirnya harus dipersatukan di bawah Mary dan Francis sebagai satu kerajaan.

Baca Juga: Demi Selamatkan Wajah Pengeran Harry dan Pangeran Andrew dari Rasa Malu, Ratu Eizabeth II Putuskan Hal Ini di Pemakaman Pangeran Philip

Ada juga perjanjian rahasia, yang ditandatangani oleh Mary yang muda dan tidak berpengalaman, yang akan menjadikan Skotlandia sebagai pelengkap Prancis.

Mary berusia lima belas dan Francis empat belas ketika mereka menikah dengan arak-arakan spektakuler dan kemegahan di katedral Notre Dame, Paris.

Editor : K. Tatik Wardayati

Baca Lainnya

Latest