Follow Us

Hutan Sakralnya Hancur oleh Penambang, Cucu Penjaga Gunung Liman Minta Tolong: Kami Diamanatkan Leluhur supaya Jangan Dihancurkan

Rina Wahyuhidayati - Kamis, 22 April 2021 | 20:36
Ilustrasi hutan gundul - Hutan Sakralnya Hancur oleh Penambang, Warga Baduy Minta Tolong
Wikimedia Commons

Ilustrasi hutan gundul - Hutan Sakralnya Hancur oleh Penambang, Warga Baduy Minta Tolong

Suar.ID - Viral seorang warga Baduy yang tinggal di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menangis saat mengetahui hutannya dirusak oleh pelaku penambang emas liar.

Seorang warga Baduy meminta tolong ke pemerintah untuk ikut serta menjaga hutan titipan.

Hutan tersebut disakralkan oleh masyarakat adat suku Baduy.

Potongan video tersebut viral di media sosial, satu di antaranya diunggah oleh akun @inforangkasbitung.

Baca Juga: 'Perang Tiga Kerajaan' Inggris Bermula dari Ketegangan Raja dengan Gereja Hingga Melibatkan Parlemen, Berakhir Tuduhan Pengkhianatan

Video tersebut memperlihatkan seorang warga Baduy yang menyampaikan keluh kesah soal hutan sakralnya yang dirusak.

"Kami mohon ke pemerintah, kami diamanatkan oleh leluhur supaya gunung jangan dihancurkan, lembah jangan dirusak, adat jangan diubah.

Tapi sekarang terbukti Gunung Liman yang dirusak, minta tolong ke pemerintah," kata seorang warga Baduy dalam potongan video tersebut menggunakan bahasa lokal setempat.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Cibarani.

Baca Juga: Sempat Jadi Sosok yang Bikin Kaum Hawa Klepek-klepek dengan Suaranya, Kini Vokalis Band yang Satu ini Akhirnya Pilih Banting Setir Jualan Sop Buah dan Es Kelapa Usai Tak Lagi Laku di TV: Yang Penting Halal dan Berkah Karena Sukses Perlu Perjuangan!

"Betul, itu Gunung Liman yang dirusak, hutan titipan yang disakralkan, memang masuknya ke Wewengkon Adat Cibarani, beliau merasa bertanggung jawab karena amanat leluhurnya untuk menjaga hutan tersebut," kata Dulhani, Kepala Desa Cibarani dikutip dari Kompas.com, Kamis (22/4/2021).

Source : Kompas.com, Instagram

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest