Follow Us

Ini Pasti Dijamin Bikin China Kelimpungan, Jepang Dikabarkan Bangun Jet Tempur Siluman Paling Canggih di Dunia, Wah Bisa Gawat

Moh. Habib Asyhad - Minggu, 12 Juli 2020 | 21:00
Ini pesawat Jet Tempur Siluman Jepang yang lama. Baru-baru ini Jepang mengumumkan akan membangun jet tempur siluman terbau dan tercanggih di dunia.
National Interest

Ini pesawat Jet Tempur Siluman Jepang yang lama. Baru-baru ini Jepang mengumumkan akan membangun jet tempur siluman terbau dan tercanggih di dunia.

Suar.ID - Kalau Jepang sudah ikut campur dalam urusan bikin jet tempur siluman artinya kondisi sudah genting.

Terkait hal itu, China harus siap-siap.

Mengutip Kontan.co.id, Jepang baru saja mengumumkan rencana membangun salah satu pesawat jet tempur siluman paling canggih di dunia.

Pesawat jet siluman itu kemungkinan pesawat bermesin ganda yang dirancang untuk mengambil alih peran pertahanan udara penting Jepang pada dekade mendatang.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan kepada anggota parlemen negara itu, jet tempur generasi keenam yang baru akan mulai berproduksi pada tahun fiskal 2031 dan menggantikan armada tua negara itu.

Saat ini Jepang memiliki sekitar 100 unit jet F-2, pesawat tempur mesin tunggal generasi keempat yang meniru model F-16 Amerika.

CNN melaporkan, Jepang menyisihkan angaran lebih dari US$ 261 juta (28 miliar yen) untuk program yang dikenal sebagai FX.

Termasuk anggaran untuk mengembangkan pesawat tanpa awak yang dapat beroperasi dengan jet siluman, sebuah teknologi yang juga dikembangkan di Australia dan Amerika Serikat.

Fitur-fitur lain yang akan ditampilkan dalam jet tempur baru Jepang adalah kemampuan untuk menyinkronkan penargetan rudal antara beberapa pesawat, yang dikenal sebagai pengendalian kebakaran terintegrasi atau penembakan jaringan.

Lalu kemampuan senjata internal, seperti yang terlihat pada jet stealth F-22 Amerika.

Serta penggunaan nozel dorong-vektor, perangkat yang menggunakan dorongan mesin untuk berbelok lebih tajam.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest