Follow Us

Terus Diserang Netizen Gara-gara Disebut Menjiplak Lagu Rini Wulandari, Kekeyi Akhirnya Bongkar Cerita Sebenarnya Lagu 'Keke Bukan Boneka'

Rahma Imanina Hasfi - Rabu, 03 Juni 2020 | 17:15
Rinni Wulandari dan Kekeyi
Kolase Instagram

Rinni Wulandari dan Kekeyi

Suar.ID - Belum lama ini, lagu terbaru Kekeyi yang berjudul 'Keke Bukan Boneka' heboh dan menuai kritik dari sejumlah pihak lantaran diduga merupakan plagiat.Lagu tersebut dianggap memplagiat lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi Rinni Wulandari yang berjudul 'Aku Bukan Boneka'.Dikutip dari Tribunnews.com, Rinni Wulandari mengaku sudah menerima permintaan maaf Kekeyi.

Baca Juga: Tak Ingin Trauma, Nagita Slavina Tak Pernah Buka-Buka Isi Ponsel Raffi Ahmad, Melaney Ricardo Histeris: Jangan Terlalu Percaya, Dong, Gi!Menurut istri Jevin Julian ini, Kekeyi sudah mengontaknya secara langsung usai lagunya banyak menuai kritik.Kekeyi dikatakan Rinni langsung meminta maaf padanya.

Menurut Rinni Wulandari, Kekeyi mengatakan tak ada niatan untuk menjiplak lagu Rinni.Ditambahkan Rinni pula, Kekeyi tidak mengerti mengenai perizinan."Kekeyi sempat DM aku di Instagram, dia bilang minta maaf karena dia nggak tahu kalau itu perlu ada izin. Dia nggak punya manajemennya yang ngaturin segala macam semuanya," ujar Rinni Wulandari saat dihubungi awak media beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Punya Honor Fantastis, Intip Rumah Sederhana di Tengah Sawah Milik Pedangdut Siti Badriah: Impian Sejak KecilRinni Wulandari sudah menduga bahwa Kekeyi tak ada manajemen yang bisa mambantunya untuk mengatur semuanya.Sebab urusan perizinan seperti itu adalah hal yang fatal dalam industri kreatif."Terus akhirnya aku balas aku bilang aku juga udah menyangka kalau dia nggak punya orang yang ngerti untuk ngurusin hal-hal kayak gini. Karena ini kan sebenarnya perizinan untuk pakai lagu orang di lagu yang kita rilis memang agak fatal sebenarnya," jelas Rinni.Apa reaksi Rinni saat Kekeyi menjelaskan kondisinya ini?"Akhirnya dia minta maaf terus nggak maksud untuk ngejiplak, dia nggak tahu lagunya katanya. Terus aku bilang 'oh ya nggak apa-apa' karena memang yang harusnya diajakin ngobrol yang punya hak ciptanya seperti publisher-nya dan composernya Novi Umar," terangnya.Rinni pun jadi memaklumi bila Kekeyi dengan terang-terangan mengunggah lagu "Keke Bukan Boneka" yang memiliki part mirip lagu "Aku Bukan Boneka" meski belum meminta izin."Jadi sangat dimaklumi cuma aku mikirnya kita tetap memberikan apresiasi dan menghargai si publishing dan pencipta lagunya juga karena itu karyanya dia," tuturnya.

Baca Juga: Suaminya Dicap sebagai Playboy, Nagita Slavina Beberkan Alasan Mengapa Rumah Tangganya dengan Raffi Ahmad Masih Awet hingga kini

YouTuber Kekeyi akhirnya angkat suara terkait polemik lagu Keke Bukan Boneka yang dituding menjiplak lagu Rinni Wulandari.Dalam kesempatan tersebut, Kekeyi tak bisa menyembunyikan rasa takutnya sampai ia menangis lantaran takut dipenjara.Melalui YouTube Dunia Manji yang diunggah Minggu (31/5/2020), mantan Rio Ramadhan tersebut memberikan klarifikasinya.Mulanya, Kekeyi mengaku jika lagu Keke Bukan Boneka tersebut adalah ciptaannya sendiri."Iya, aku buat lagu sendiri. Tapi aransemennya itu dibuat di studio," bongkar Kekeyi.Lantas, Anji pun penasaran dan menyinggung soal plagiat."Emang kenapa deg-degan? Kekeyi merasa lagu itu mirip atau merasa plagiat lagu itu?" tanya Anji.

Baca Juga: Dwi Sasono tengah Terpuruk di Penjara, namun Widi Mulia belum Menjenguk Suaminya, Ada Apa?Disinggung seperti itu, Kekeyi pun menceritakan awal mula dirinya menciptakan lagu tersebut."Aku itu pas menciptakan lagu itu, mantan aku tuh bilang kamu tuh bukan boneka, ngeledek kecil-kecilan. Terus gimana ya kalau aku buat puisi, kata-kata.Terus aku kan kursus ukulele, ke studio bikin aransemen terus ya bikin lagu," papar Kekeyi.Mengenai dugaan plagiat lagu, Kekeyi mengaku tak tahu menahu."Aku minta maaf banget. Aku bukan berniat buruk, kayak ambil lagu orang atau gimana. Atau ngambil hal cipta orang, bukan," ujar Kekeyi."Aku cuma buat lagu, bener-bener gak tahu kalau itu sama," tambahnya.Lantas Kekeyi pun mengaku kini deg-degan. Bahkan Kekeyi mengaku sampai menangis.

Baca Juga: Nggak Mau Kalah, Saat Sirajuddin Mahmud Umumkan Kehamilan Zaskia Gotik, Imel Putri Pamer Kemesraan dengan Aktor Ganteng Ini: Gue Nyaman sama Dia

"Kemarin aku deg-degan sampai nangis. Kenapa, aku salah apa. Aku sampai mikir aku salah apa sih," ujar Kekeyi dengan mata berkaca-kaca.Kemudian, Kekeyi pun kembali disinggung soal pernyataan Novi Umar pencipta lagu Aku Bukan Boneka dan mengaku tidak tahu menahu perihal pernyataan tersebut"Setelah Kekeyi rilis lagu Keke Bukan Boneka, kan Novi Umar bikin statement tuh di Instagram," singgung Anji."Nah itu aku gak tahu," jawab Kekeyi."Aku cuman kok ada kayak gini, ini apalagi. Sampai apa ya, aku salah apa," ujar Kekeyi hampir menangis.Kekeyi mengaku senang lagunya jadi trending dan berterima kasih pada sahabat-sahabat yang sudah mendukungnya.Namun jika lagu itu sampai jadi konflik karena dugaan plagiat atau jiplak lagu, Kekeyi sekali lagi menegaskan ketidaktahuannya."Aku seneng jadi trending, terima kasih buat sahabat-sahabat Kekeyi. Tapi kok malah jadi konflik. Aku gak tahu," ujar Kekeyi.Mengetahui Kekeyi hampir menangis, Anji pun meluruskan ucapan Novi Umar."Novi Umar bilang sama aku, kalau ucapannya itu hanya untuk edukasi, bukan menjatuhkan Kekeyi," ujar Anji.

Baca Juga: Bukan Istrinya, Sosok Ini yang Baru Menjenguk Dwi Sasono di PenjaraMeski begitu, Kekeyi mengaku talut dilaporkan ke polisi dan dipenjara akibat dugaan plagiat.Ia pun bahkan sampai menangis ketika ungkap hal tersebut."Tapi aku tuh takut banget kalau dipenjara. Nanti kalau misal aku dipenjara gimana?" ucap Kekeyi menangis.

"Aku niatannya cuma menghibur doang, itu aja. Gak mikir yang lainnya. Kalau misalkan aku dipenjara gimana? Aku sempat mikir kemarin ya udah delete aja lagunya, gak apa-apa," papar Kekeyi berderai air mata."Ya ampun, kamu sampai lepikiran takut dipenjara?" tanya Anji."Iya, kemarin aku...," jawab Kekeyi sambil menangis tersedu-sedu.Melihat Kekeyi masih menangis, Anji pun berusaha menenangkan."Tenang, tenang," ujar Anji."Maksud Novi Umar itu menedukasi bahwa ada bagian di lagu Kekeyi yang mirip dengan lagu yang diciptakan," tutur Anji lagi."Mungkin nanti akan ada pihak publisher, yang memegang lagu itu. Santai santai aja Kekeyi," ujar Anji.Seperti diketahui, sebelumnya pencipta lagu Aku Bukan Boneka, Novi Umar angkat bicara soal isu plagiat tersebut.Namun, Novi Umar mengatakan hanya bermaksud untuk mengedukasi Kekeyi bukan untuk menjatuhkannya.Sementara itu, untuk isu plagiarisme, Novi Umar akan menyerahkan sepenuhnya kepada pemegang hak cipta lagu tersebut.

Baca Juga: Tanpa Tedeng Aling-aling Nikita Mirzani Semprot Mantan Billy Syahputra: Enggak jelas Kerjanya tapi Bisa ke Luar Negeri, Entah Dibawa Om Siapa

Source : YouTube, Tribunnews.com

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest