Follow Us

Kebijakannya Sempat Disukai Masyarakat, Negara Ini Justru Gagal Total Terapkan Herd Immunity: Kehilangan Lebih dari 3 Ribu Penduduk karena Corona!

Adrie P. Saputra - Jumat, 29 Mei 2020 | 19:30
Terapkan herd immunity hadapi Covid-19, Swedia masih jauh dari target  jumlah penduduk yang kebal virus.
wowkeren.com

Terapkan herd immunity hadapi Covid-19, Swedia masih jauh dari target jumlah penduduk yang kebal virus.

Suar.ID - Ratusan negara harus menghadapi mewabahnya virus corona.

Berbagai cara dilakukan setiap negara untuk mengatasi penyebaran virus tersebut.

Masing-masing negara pun memiliki cara yang berbeda.

Ada yang menerapkan lockdown, penutupan sebagian wilayah seperti PSBB di Indonesia, ada juga yang langsung menerapkan herd immunity.

Baca Juga: Dapat Ucapan Romantis dari Rossa Tepat di Hari Ulang Tahunnya yang Ke-31, Afgan Syah Reza Pun Malah Salah Tingkah: Thanks Bubu, Love u Always...

Artikel yang diterbitkan MIT Technology Review menyatakan pada dasarnya ada tiga cara untuk menghentikan penyakit Covid-19 untuk selamanya.

Salah satunya melibatkan pembatasan luar biasa pada pergerakan yang kini dikenal lockdown, serta pengujian agresif, untuk menghentikan transmisi sepenuhnya. Namun, ini sulit mengingat virus corona sekarang telah mewabah ke 100 lebih negara.

Yang kedua adalah vaksin yang bisa melindungi semua orang, tetapi vaksin masih perlu dikembangkan dan kita hanya boleh berharap karena tampaknya masih lama.

Yang ketiga berpotensi efektif tetapi mengerikan untuk dipertimbangkan, yakni membiarkan orang tertular sampai mendapatkan kekebalan virus.

Baca Juga: Jarinya Digigit Kutu, Bocah 1 Tahun Meninggal Dunia, Sempat Jalani Kemoterapi hingga Terancam Amputasi

Jika virus terus menyebar, pada akhirnya banyak orang yang akan terinfeksi dan (jika mereka bertahan hidup) menjadi kebal sehingga wabah akan hilang dengan sendirinya, karena kuman menemukan semakin sulit untuk menemukan inang yang rentan. Fenomena ini dikenal sebagai "herd immunity".

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest