Follow Us

Terjadi Antrian Panjang di Bandra Soekarno-Hatta Padahal sedang PSBB karena Virus Corona, Ternyata Ini Cerita Sebenarnya

Rahma Imanina Hasfi - Kamis, 14 Mei 2020 | 19:00
Kondisi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang sempat memanas pada Minggu (15/3/2020). Para pengguna jasa Bandara Soetta tampak gusar di pelataran Terminal 3.
Warta Kota/Andika Panduwinata

Kondisi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang sempat memanas pada Minggu (15/3/2020). Para pengguna jasa Bandara Soetta tampak gusar di pelataran Terminal 3.

Suar.ID - Foto penumpukan calon penumpang di Bandara Soetta viral di media sosial.Tampak antrean tidak menerapkan physical distancing, antar orang berdekatan.Mereka tampak memakai masker dan membawa tumpukan dokumen.

Baca Juga: Sering Jadi Pilihan Menu Masyarakat Indonesia, Sayur Bayam dan Tempe Goreng Rupanya Tak Boleh Dimakan Secara Bersamaan, Dokter Sebut Kombinasi Makanan itu Punya Bahaya Tersendiri!Netizen kemudian mengkritisi situasi tersebut. Pasalnya, pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga menurun.Melansir Kompas.com, Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang membantah penumpukan antrian di Bandara Soekarno-Hatta akibat lonjakan penumpang.

Jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta selama masa larangan mudik jauh lebih kecil ketimbang jumlah normal jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta."Kami informasikan tidak terjadi lonjakan penumpang," ujar Febri saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Kamis (14/5/2020). Febri mengatakan, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta yang datang dan pergi pada Rabu (13/5/2020) kemarin hanya di angka 4.000-an orang.

Beredar gambar penumpukan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta
Twitter

Beredar gambar penumpukan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta

Baca Juga: Maia Estianty Kepergok Langgar Aturan PSBB, Mobilnya Disetop Polisi saat Bagikan Sembako karena Hal Ini: Gue Tahu Secara Hukum Salah

Sedangkan hari ini, pergerakan penumpang yang datang dan pergi di Bandara terbesar di Indonesia tersebut tercatat di angka 5.700 orang. "Sedangkan Soekarno-Hatta normalnya 150.000 penumpang per hari, sekarang hanya 5.700," kata Febri.Febri mengatakan, penyebab utama penumpukan antrian adalah proses verifikasi dokumen perjalanan sebagai syarat perjalanan calon penumpang di masa larangan mudik. Namun, kata Febri, penumpukan antrian tersebut tidak berlangsung lama. Kurang dari 30 menit, lanjut dia, petugas sudah mengatur kembali antrian untuk melakukan physcal distancing. Proses yang melibatkan banyak dokumen, kata Febri membuat calon penumpang yang akan melakukan validasi jadi menumpuk. Adapun tiga dokumen yang harus divalidasi setiap penumpang berupa tiket pesawat, surat keterangan bebas Covid-19, dan surat tugas atau surat keterangan dari kantor dan instansi terkait. "Dan itu divalidasi oleh tim satuan gugus udara Covid-19 bandara Soekarno-Hatta. Pemeriksaan proses validasi yang dilakukan secara teliti," ujar dia.

Baca Juga: FAKTA Baru Terkuak, Remaja Pembunuh Bocah di Sawah Besar Ternyata Korban Pelecehan Seksual, Hamil 3,5 Bulan: Posisinya Kini Pelaku Sekaligus Korban

Source : Kompas.com, Twitter

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest