Follow Us

Penjelasan Ahli Soal Viral Penampakan Bintang Turaya di Pagi Hari, Pertanda Wabah Corona Segera Berakhir?

Rahma Imanina Hasfi - Minggu, 03 Mei 2020 | 06:00
Cahaya kecil itu disebut-sebut sebagai bintang Turaya, serta diklaim sebagai pertanda bahwa wabah pandemi Covid-19 akan berakhir
Twitter

Cahaya kecil itu disebut-sebut sebagai bintang Turaya, serta diklaim sebagai pertanda bahwa wabah pandemi Covid-19 akan berakhir

Suar.ID - Sebuah cahaya kecil mirip bintang terlihat bersinar di langit fajar.Menariknya, bintang tersebut menjadi satu-satunya yang bersinar di pagi hari.Adapun video yang menunjukkan cahaya kecil di pagi hari itu pun viral di berbagai media sosial.

Baca Juga: Erwin Prasetya Meninggal Dunia karena Pendarahan di Lambung, Menurut Dhani Ternyata Dialah yang Paling Rajin Shalat di Antara Personel Dewa 19Cahaya kecil itu disebut-sebut sebagai bintang Turaya, serta diklaim sebagai pertanda bahwa wabah pandemi Covid-19 akan berakhir.Video yang awalnya diunggah ke Twitter dan disebar di berbagai media sosial, termasuk akun Instagram @nenk_update, juga diikuti dengan narasi sebagai berikut:

"Subhanallah... Bintang TURAYA di pagi hari... benar yang di katakan Rosululah... akan habis Wabah Covid-19. apa bila ada Bintang di pagi hari. Itulah Bintang Turaya... Alhamdulillah. habis sudah sak wasanga manusia dengan adanya BUKTI. Bintang itu disaksikan byk orang."Namun, benarkah cahaya kecil yang tertangkap lensa kamera masyarakat itu adalah bintang Turaya atau Tsuraya?Menanggapi hal itu, astronom amatir Marufin Sudibyo berkata bahwa cahaya kecil yang beredar di foto dan video itu bukanlah bintang Turaya.

Baca Juga: Wabah Corona Merajalela, Begini Nasib Pernikahan Boy William dengan Putri Konglomerat yang akan Diadakan Tahun Ini: That's Okay"Bukan (bintang Turaya). Kemungkinan besar itu Mars, kalau benar difoto pada saat pagi hari sebelum matahari terbit," kata Marufin saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/4/2020).Marufin pun menjelaskan apa itu bintang Turaya yang mungkin dimaksudkan oleh netizen tersebut.Dia berkata bahwa bintang yang dimaksud mungkin adalah bintang Tsuraya atau ats-Tsuaya yang merupakan nomenklatur Arab untuk Pleiades.

"Secara astronomis ia (bintang Tsuraya) dikenal sebagai Pleiades atau Messier 45 (M45)," jelas dia.Pada saat ini, Pleiades masih berada di langit barat, tepatnya di bawah Venus.Oleh karena itu, secara teknis Pleiades akan bisa dilihat setelah terbenamnya matahari, meski kedudukannya yang sangat rendah akan membuatnya sulit untuk diamati secara langsung."Pleiades akan berada di langit timur mulai pertengahan Juni mendatang, tatkala terbit lebih dulu ketimbang matahari," ujar dia.

Baca Juga: Cuma Jadi Petualangan Cinta Enji, Wanita Ini Tak Segan Sebut Mantan Ayu Ting Ting Itu Punya Kelainan SeksualArtikel ini telah tayang di posbelitung.co dengan judul Viral Penampakan Bintang Turaya Pertanda Wabah Corona Segera Berakhir, Begini Penjelasan Ahli

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest