Follow Us

Curi Perhatian Dunia, Sejauh Mana Kim Jong Un telah Mempersiapkan Kim Yo Jong sebagai Penggantinya di Pucuk Kepemimpinan Korea Utara?

Ervananto Ekadilla - Minggu, 26 April 2020 | 18:00
Sejauh apa Kim Jong Un telah mempersiapkan adiknya sendiri, Kim Yo Jong sebagai penggantinya dalam memimpin Korea Utara?
Tribunnews

Sejauh apa Kim Jong Un telah mempersiapkan adiknya sendiri, Kim Yo Jong sebagai penggantinya dalam memimpin Korea Utara?

Suar.ID - Beredar rumor bahwa pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, meninggal dunia akibat masalah jantung.

Tapi kabar itu belum terkonfirmasi kebenarannya.

Bahkan banyak pula yang menyebut kabar itu hanya berita bohong.

Namun, sejak Kim Jong Un dikabarkan kritis, telah beredar analisis bahwa adik perempuan Kim Jong Un, yakni Kim Yo Jong yang akan menggantikannya.

Baca Juga: Ramai Isu Calon Pengganti Kim Jong Un, Inilah Sejarah Keluarganya hingga bisa Menguasai Korea Utara, di Awali Perjuangan Keras Sang Kakek saat Era Penjajahan Jepang

Disebut bahwa Kim Yo Jong akan memimpin Korea Utara sementara sampai anak Kim Jong Un cukup umur untuk menjadi pemimpin Korea Utara.

Tapi apakah Kim Jong Un memang sudah mempersiapkan Kim Yo Jong sebagai pengganti sementara dirinya?

Dalam sejarah Korea Utara, pewarisan kekuasaan itu bahkan bisa terlihat 20 tahun sebelum kekuasan benar-benar diwariskan, bahkan bisa pula hanya 3 tahun menjelang pewarisan kekuasaan dengan cara apapun (kematian atau lainnya).

Selain itu, mari kita lihat juga bagaimana Kim Jong Il menurunkan kekuasaannya ke putra keduanya, Kim Jong Un.

Baca Juga: Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong bisa lebih Kejam daripada Sang Kakak apabila Menjadi Pemimpin Korea Utara hingga telah Mendapat Julukan Ratu Eksekusi padahal masih belum Memimpin!

Dalam penurunan kekuasaan terdahulu, selalu ada masa persiapan atau magang terhadap calon pemimpin Korea Utara.

Source : Tirto Id, Warta Kota, tempo.co, Wikipedia, BBC

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest