Follow Us

Italia Akhirnya Bakal Longgarkan Kebijakan Lockdown, Begini Cara Pemerintah Siapkan Rakyatnya Kembali ke Luar Rumah

Adrie P. Saputra - Selasa, 07 April 2020 | 11:00
Pemerintah Italia menyatakan telah meratakan kurva Covid-19.
www.ft.com

Pemerintah Italia menyatakan telah meratakan kurva Covid-19.

Suar.ID - Italia diketahui menjadi satu dari sekian negara yang memiliki tingkat kematian akibat virus corona tertinggi di dunia.

Bahkan angka tersebut membuat Italia harus menutup semua bisnis mereka dan mengorbankan perekonomian negara.

Pejabat kesehatan Italia mengatakan, pemerintah mungkin harus segera mempertimbangkan pelonggaran pembatasan, setelah angka kematian harian akibat virus corona baru turun ke level terendah dalam lebih dari dua minggu terakhir.

Baca Juga: Tak Bisa Sembarangan, Begini Cara Cuci Masker Kain Agar Selalu Bersih dan Bisa Digunakan Kembali

Badan Perlindungan Sipil Italia melaporkan 525 kematian akibat virus corona pada Ahad (5/4). Ini merupakan kematian harian terendah di negara Mediterania sejak 427 kematian pada 19 Maret lalu. Angka itu juga turun 23% dari 681 kematian di Sabtu (4/4).

"Kurva mulai menurun dan jumlah kematian mulai berkurang," kata Direktur Institur Kesehatan Nasional (ISS) Italia Silvio Brusaferro kepada wartawan, Minggu (5/4), seperti dikutip Channelnewsasia.com.

"Jika data ini terkonfirmasi (dalam beberapa hari mendatang), kita harus mulai berpikir tentang Fase 2," ujar dia yang mengacu pada pelonggaran penguncian secara nasional yang berlangsung selama sebulan.

Baca Juga: Enggan PHK 130 Karyawannya Meski Sepi Job Dampak Corona, Nikita Mirzani: Tapi THR Agak Dipotong, Pemasukan Sepi

Fase kedua pertempuran Italia melawan virus corona yang sudah membunuh 15.887 orang mungkin lebih sulit bagi pemerintah untuk melakukan sesuatu dibanding fase pertama.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte memutuskan, untuk mengatasi krisis terbesar di negeri piza dalam beberapa generasi mendatang, pemerintah terpaksa mengorbankan ekonomi demi kesehatan masyarakat.

Negara berpenduduk 60 juta ini menjadi negara demokrasi Barat pertama yang secara sukarela menutup hampir semua bisnis dan melarang pertemuan publik, termasuk sekadar jalan-jalan di taman, pada 12 Maret lalu.

Harian Corriere della Sera melaporkan, pemerintah akan membuka bisnis secara bertahap. Orang Italia kelak boleh pergi bekerja tapi wajib memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain sejauh dua meter setiap saat.

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest