Follow Us

Mengapa Kasus Terkait Virus Corona di Indonesia Terus Meningkat? Ini Dugaan Ahli...

Adrie P. Saputra - Minggu, 05 April 2020 | 10:00
Ilustrasi virus corona
Freepik.com

Ilustrasi virus corona

Suar.ID - Kasus Covid-19 di Indonesia sudah menyentuh angka 20.000-an pada saat berita ini ditulis.

Setiap hari ada penambahan kasus termasuk jumlah kematian.

Para ahli pun berusaha mencari apa penyebab naiknya kasus Covid-19 di Indonesia.

Jika dilihat, Indonesia berada di iklim tropis dan menurut ahli virus, drh. Moh Indro Cahyono, virus tak akan bertahan lama hidup di suhu yang panas.

Baca Juga: Kisah Nenek Pasien Corona Berumur 90 Tahun ini Rela Dirawat Tanpa Bantuan Pernafasan: Berikan yang Muda, Aku Sudah Hidup Bahagia...

"Iklim di Indonesia itu 26 - 30 derajat celsius, virus itu akan ada di udara selama maksimal 3 menit pada suhu 20 - 25 derajat (celsius). Sehingga di suhu kita, pas siang-siang, virus itu nggak akan bertahan lama dari 1 menit," ungkapnya dilansir dari tayangan di kanal YouTube Official iNews (29/3/2020).

Hal serupa juga dibenarkan oleh kajian literatur bahwa suhu di panas seperti di Indonesia tak ideal untuk wabah virus corona.

Lalu apa yang membuat kasus virus corona di Indonesia terus meningkat?

Baca Juga: Ditengah Wabah Corona ini Banyak Orang Malah Mudik Ke Kampung Halaman, Pak Tani Ini Langsung Berikan Pesan Menohok: Kami Para Petani Menanam Padi Buat Siapa? Untuk Orang Jakarta

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, lewat siaran pers BMKG pada Jumat (3/4/2020) menjelaskan hasil kajian yang telah disampaikan kepada Presiden dan beberapa Kementerian terkait pada tanggal 26 Maret 2020 lalu soal adanya indikasi pengaruh cuaca dan iklim dalam mendukung penyebaran wabah virus corona.

Dikabarkan bahwa ahli BKMG dan UGM melakukan kajian berdasarkan analisis statistik, pemodelan matematis dan studi literatur mengenai pengaruh cuaca dan iklim terhadap penyebaran virus corona atau Covid-19.

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest