Follow Us

Menurut Ahli, Inilah 3 Skenario Berakhirnya Virus Corona di Indonesia!

Adrie P. Saputra - Minggu, 05 April 2020 | 09:30
Prediksi waktu menurunnya pandemi corona di Indonesia
Freepik.com

Prediksi waktu menurunnya pandemi corona di Indonesia

Suar.ID – Kasus covid-19 hingga saat ini masih terus meningkat jumlahnya.

Bahkan angka kasus di Indonesia sudah menginjak angka 2.000 pasien.

Ingin bawa kabar baik, Ikatan Alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia membuat model perhitungan waktu meredanya pandemi corona di Indonesia.

Model ini dibuat oleh Barry Mikhael Cavin, Rahmat Al Kafi, Yoshua Yonatan Hamonangan, dan Imanuel M Rustijono.

Data yang digunakan untuk simulasi adalah data kasus kumulatif dari 2-29 Maret 2020 yang dipublikasikan oleh situs kawalcovid19.id.

Baca Juga: Ditengah Wabah Corona ini Banyak Orang Malah Mudik Ke Kampung Halaman, Pak Tani Ini Langsung Berikan Pesan Menohok: Kami Para Petani Menanam Padi Buat Siapa? Untuk Orang Jakarta

Model yang digunakan merupakan beberapa kuantitas pada model SIRU, yakni Infected dan Unreported case.

“Kami harus menghitung angka yang bukan hanya positif corona (infected) tapi juga unreported. Kami meyakini banyak orang yang terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala. Di Indonesia berdasarkan hitungan kami, kasus unreported lebih banyak dibanding infected,” tutur Imanuel Manginsela Rustijono selaku Wakil Ketua ILUNI Matematika UI kepada Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Tiga skenario dibuat berdasarkan kebijakan signifikan dan tegas dalam mengurangi interaksi antarmanusia, seperti kebijakan Work from Home dan physical distancing.

Baca Juga: Presenter Kondang ini Buka-bukaan Pernah Lakukan Operasi Plastik di Korea Selatan, ini Jumlah yang DIa Keluarkan!

Skenario 1

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest