Follow Us

Nikmat dan Lezat, Tapi Siapa Sangka Makanan Favorit Orang Indonesia Bisa Picu Kanker yang Renggut Nyawa Seorang Ustaz Kondang, Begini Penjelasannya

Rahma Imanina Hasfi - Minggu, 23 Februari 2020 | 16:30
Ternyata makanan favorit sejuta umat ini menjadi penyebab kanker nasofaring
Kolase Nakita.ID

Ternyata makanan favorit sejuta umat ini menjadi penyebab kanker nasofaring

Suar.ID - Pada bulan Ramadan tahun lalu, masyarakat di tanah air dirundung duka yang mendalam.

Pasalnya, salah satu ustaz kondang yang juga pemuka agama yaitu Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia.

Kematian ini dikabarkan langsung oleh putra Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Alvin Faiz lewat akun instagramnya:

"innalillahiwainnailaihirojiun Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham .Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin," tulis sang anak dalam keterangan fotonya.

Baca Juga: Awalnya Marah Bukan Main Mobil Mewahnya Ditabrak dari Belakang, Reaksi Pria Ini Mendadak Melunak Saat Tahu Siapa yang Menabrak, Responnya Seperti di Tivi-tivi

Sang anak juga memberitahukan bahwa Ustaz Arifin akan segera dipulangkan ke Indonesia dan dimakamkan di komplek pesantren Azzikra, Gunung Sindur, Bogor.

Seperti yang kita ketahui, Ustaz Arifin telah dirawat di rumah sakit di Malaysia sejak Bulan Januari lalu untuk menjalani pengobatan kanker nasofaring.

Sebelumnya sang anak juga mengabarkan kondisi ayahnya kritis, namun tak lama salah satu istri Ustaz Arifin memberitahukan jika kondisi suaminya kembali stabil, hingga sang pendakwah akhirnya meninggal dunia.

Di Indonesia kanker nasofaring merupakan penyakit yang menempati peringkat ke empat terbanyak dari seluruh penyakit ganas lainya.

Perbandingan terjangkitnya kanker nasofaring di Indonesia yaitu 4,7 kasus per 100.000 penduduk.

Seperti dikutip dari kompas.com, Di RSCM tercatat rata-rata 100 kasus baru karsinoma nasofaring per tahun, di RS kanker Dharmais 70 kasus baru per tahun, dan di RS Hasan Sadikin Bandung 60 kasus baru per tahun.

”Angka kasus pada pria 2,18 kali lebih tinggi daripada perempuan,” jelas dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) dari Rumah Sakit kanker Dharmais, Budianto Komari.

Source : Nakita.ID

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest