Follow Us

Dulu Pernah Menjajah Indonesia, Kini Negara Ini Tawarkan Bantuan Berupa 'Rancangan Proyek Gila' untuk Selamatkan Jakarta dari Banjir

Adrie P. Saputra - Jumat, 03 Januari 2020 | 19:15
Skenario gila untuk selamatkan Jakarta dari banjir.
Kolase/Tribunnews/The Guardian

Skenario gila untuk selamatkan Jakarta dari banjir.

Suar.ID - Tepat pada 1 Januari 2020, hujan lebat melanda beberapa kawasan di Pulau Jawa, daerah terdampak dari hujan tersebut adalah Jakarta.

Kota ini memang rawan mengalami banjir sejak banjir terparah yang terjadi pada tahun 2007 silam.

Sementara banjir terus melanda, Jakarta disebut sebagai kota pertama yang mungkin akan tenggelam laiknya Venesia yang memiliki laju 2mm per tahun.

Daerah-daerah di Jakarta utara, termasuk tembok laut yang dirancang untuk melindunginya, diperkirakan tenggelam sekitar 25 cm dalam setahun.

Baca Juga: Detik-detik Menegangkan Seorang Anak Selamatkan Orangtuanya dari Banjir, Adiknya Dengar Sang Ayah Minta Tolong Sementara Sang Ibu Tak Selamat

Sebuah situs berbasis di Inggris The Guardian, menyebut Jakarta tenggelam karena amblesan.

Mereka juga memberikan gambaran bagaimana skenario amblesnya Jakarta dan upaya penyelamatan yang membutuhkan biaya hingga Rp 555 triliun.

Masalah amblesan ini diperburuk oleh ledakan blok apartemen baru, pusat perbelanjaan dan bahkan kantor pemerintah yang meskipun ada pembatasan resmi pada ekstraksi air tanah.

Tidak hanya mengambil air dari tanah, tetapi juga menambah beratnya.

Baca Juga: Sambil Pajang Foto Perhiasan, Mayangsari Ungkap Keprihatinannya untuk Para Korban Banjir: Merasakan Kesedihan yang Mendalam

Peta proyek NCID
NCID/The Guardian

Peta proyek NCID

Konkretisasi Jakarta juga menyebabkan peningkatan limpasan, membuat banjir terasa lebih buruk sementara hal itu membuat air tidak meresap kembali dan menjadi persediaan air tanah.

Source : intisari

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest