Follow Us

Posisinya Sebagai Kapolri Resmi Digeser Idham Azis, Begini Pesan Tito Karnavian untuk Kapolri Baru: Jadi Kapolri Enggak Gampang!

Rahma Imanina Hasfi - Jumat, 01 November 2019 | 13:30
Mantan Kapolri, Tito Karnavian berpesan kepada penerusnya, Idham Azis bahwa memimpin Polri bukanlah pekerjaan mudah
Kolase dok. Kemendagri & Kompas.com

Mantan Kapolri, Tito Karnavian berpesan kepada penerusnya, Idham Azis bahwa memimpin Polri bukanlah pekerjaan mudah

Suar.ID - Komjen Idham Azis disahkan sebagai Kapolri baru dalam rapat paripurna DPR, pada Kamis (31/10/2019).

Idham menggantikan posisi Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian yang dilantik sebagai Menteri Dalam Negeri.

Sebelum ditetapkan sebagai Kapolri, Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri tersebut telah mengikuti serangkaian fit and proper test oleh Komisi III DPR.

Baca Juga: Model Seksi yang Tertangkap Bareng Vanessa Angel Blak-blakan Soal Prostitusi Online: 'Kebetulan Nggak Kepergok Seperti Gua'

Dikutip dari Kompas.com, Idham mengaku akan langsung menunjuk Kabareskrim yang baru setelah dilantik Presiden Joko Widodo pada Jumat (1/11/2019).

"Saya akan menunjuk Kabareskrim yang baru untuk segera mempercepat pengungkapan kasus Novel Baswedan," kata Idham saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan di hadapan anggota Komisi III, Idham mengaku tak memiliki visi dan misi sebagai Kapolri.

Meski tak punya visi dan misi, Idham membawa tujuh program prioritas yang ingin ia terapkan sebagai Kapolri.

Baca Juga: Miris, Seorang Gadis Yatim Piatu Berusia 24 Tahun Ini hanya Memiliki Berat 21 Kg karena Makan Sedikit agar Hemat dan Bisa Membantu Biaya Perawatan Adiknya

Idham menuturkan, ketujuh prioritas itu merupakan implementasi program "Promoter" atau profesional, modern, dan terpercaya, yang dicanangkan Tito.

"Jika diberikan kepercayaan, amanah mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai kapolri, saya akan melakukan program penguatan Polri yang promoter menuju Indonesia maju, yang diimplementasikan dalam tujuh program prioritas," ujar Idham di ruang Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Selain mempertimbangkan keberlanjutan program Polri sebelumnya, ketujuh program prioritas itu juga disusun dengan memperhatikan sisa masa jabatan Kapolri yang tinggal 14 bulan lagi.

Source : Kompas.com

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest