Follow Us

Indonesia Ternyata Punya Pasukan Khusus Mematikan Bernama Gultor 81, Kapasitasnya dalam Penanggulangan Terorisme akan Bikin Kita Bangga

Ervananto Ekadilla - Senin, 07 Oktober 2019 | 15:30
Satuan Gultor 81.
tni.mil.id

Satuan Gultor 81.

Suar.ID - Indonesia memiliki badan kemiliteran khusus yang disebut Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Kopassus memiliki Satuan 81 atau yang lebih dikenal dengan Gultor 81 yang merupakan unit kecil dalam Kopassus yang diisi oleh prajurit TNI terbaik.

Gugus tugas yang dibentuk pada 30 Juni 1982 ini punya banyak keahlian khusus seperti penanggulangan teror, battle town area, serta pengetahuan di bidang intelijen.

Dilansir dari The Top Tens, pasukan yang bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur, ini menempati peringkat teratas sebagai pasukan khusus anti teroris terbaik di dunia, bahkan mengalahkan beberapa pasukan elit lain dari berbagai negara di dunia.

Baca Juga: Beginilah Beratnya Seleksi Kopassus TNI AD, Sampai Ada Pelatihan Mengerikan yang Dijuluki 'Minggu Neraka'

Tak hanya pasukan Gultor 81, setiap anggota Kopassus juga diwajibkan memiliki insting dan reflek yang kuat, serta kecerdasan untuk merespons pasukan musuh dengan cepat.

Kopassus juga memang memiliki tugas khusus untuk melakukan tugas-tugas berisiko tinggi dan ekstrem.

Maka dalam pelatihannya, anggota Kopassus harus merangkak dan melakukan kamuflase dalam lumpur, di tengah hujan peluru sungguhan!

Latihan ini dikenal dengan latihan Dropper.

Baca Juga: Sudah Bersumpah Tak Akan Beli Baju Selama Setahun, Wanita Ini Malah Habiskan 1.000 Dollar untuk Gaun Pernikahan, Akhirnya Dia Lakukan Hal Tak Biasa Ini sebagai Jalan Tengah

Hingga media Inggris Daily Mail dan beberapa media lain mengungkapkan bahwa latihan dropper yang dilakukan pasukan khusus TNI tersebut dianggap ekstrem.

Source : Daily Mail, thetoptens.com

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest