Follow Us

Viral Tagar #BlowTheHazeBack: Orang-orang Malaysia Rupanya Ingin Mengadakan Acara Tiup Kembali Kabut Asap ke Indonesia

Adrie P. Saputra - Jumat, 13 September 2019 | 09:48
Netizen Malaysia ingin mengembalikan asap ke Indonesia.
Twitter @lamkanahraf

Netizen Malaysia ingin mengembalikan asap ke Indonesia.

Suar.ID - Kebakaran hutan di Indonesia kembali menimbulkan kabut asap di Malaysia dan Singapura.

Diberitakan media Singapura, Channel News Asia, sebanyak 16 titik api dilaporkan terdeteksi di Singapura, menurut data dari Badan Meteorologi Singapura, pada Minggu (4/8/2019).

Sementara Free Malaysia Today, menuliskan bencana kebakaran hutan di Indonesia telah mengirim asap berbahaya yang terbang ke seluruh Asia Tenggara.

Para peneliti dan aktivis lingkungan pun mendesak kepada pemerintah Indonesia untuk meningkatkan upaya mencegah terulangnya krisis kabut asap besar seperti pada tahun 2015 silam.

Baca Juga: Driver Gojek Demo di Depan Kedubes Malaysia Sambil Tunjukkan Kawasaki Ninja 250: 'Tidak Ada Driver Gojek Miskin!'

Disebutkan bahwa keadaan darurat telah dideklarasikan di enam provinsi Indonesia di pulau Sumatra dan Kalimantan, sementara Singapura dan Malaysia mengeluarkan peringatan kesehatan tentang polusi udara yang sedang menuju kedua negara itu.

Akibat kabut asap yang cukup parah, salah satu akun Twitter Malaysia bahkan membuat tweet lelucon yang mengajak orang-orang di Malaysia membeli kipas angin dan mengarahkan kembali kabut asap ke Indonesia.

Salah satu netizen bernama Farhan menulis di Twitter pada Rabu (11/9/2019):

"Mari kita buat tanggal 16 September sebagai hari 'TIUP KEMBALI KABUT'.

Saya meminta semua orang Malaysia untuk keluar pada tanggal 16, membawa kipas meja/berdiri dan mengarahkannya ke Indonesia. Secara kolektif, kami yakin dapat menerbangkan kabut ke Indonesia! Ayo lakukan orang Malaysia!!!"

Tweet lelucon itu tampaknya menjadi viral dengan mendapatkan lebih dari 18 ribu re-tweet dan lebih dari 10 ribu like.

Source : Twitter, kompas

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest