Suar.ID - Apapunyang terjadi di dunia saat ini, pasti akan dibicarakan di Twitter.
Twitter merupakan tempat di mana penggunanya dapat terhubung dengan berbagai komunitas dan berbagi informasi dengan jutaanpengguna Twitter lainnya.
Menggunakan hashtag (tagar/#) merupakan salah satu caranya.
Untuk merayakan hari kelahiran hashtag, Twitter juga meluncurkan emoji spesial.
Baca Juga: Sony Tarik Spiderman dari Marvel, #SaveSpiderMan Jadi Trending di Twitter
Untuk Indonesia, emoji dapat diaktifkan dengan menggunakan #HariTagar
Adalah Chris Messina (@chrismessina) yang memperkenalkan penggunaan hashtag 12 tahun lalu di Twitter.
Dengan menggunakan simbol '#', pengguna dimudahkan dalam mengelompokkan setiap percakapan di Twitter.
Sebelum era emoji, hashtag adalah sesuatu yang sudah lebih dulu populer di Twitter.
Hashtag juga telah membantu mempopulerkan berbagai percakapan yang berkaitan dengan momen penting.
Dengan menggunakan tagar, pengguna di seluruh dunia telah menjadikan Twitter sebagai platform untuk berdiskusi dan mengubah dunia.
Pengguna Twitter di Indonesia menggunakan hashtag untuk memancing percakapan dan berbagi keseruan terkait sebuah momen tertentu.
Contohnya, sempat muncul hashtag yang memberikan edukasi seputar gerakan sosial dan kesadaran lingkungan seperti #StopKemasanPlastik dan #StopSampahPlastik.
Berikut ini beberapa hashtag terpopuler di Twitter Indonesia (Januari - Juli 2019) :
1. #Pemilu2019
Pada 17 April 2019, masyarakat Indonesia memberikan hak pilih untuk memilih presiden, wakil presiden dan anggota legislatif.
Tagar #Pemilu2019 pun banyak digunakan untuk berbagi dan mencari informasi seputar Pemilu 2019.
2. #SetorFotoPolusi
Pada awal tahun 2019, Greenpeace dan AirVisual IQ mengeluarkan penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat polusi di Jakarta telah mencapai empat kali lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Dimulai dari gerakan masyarakat, kemudian muncul tagar #SetorFotoPolusi yang berisi kumpulan foto yang menggambarkan kualitas udara di berbagai kota di Indonesia.
3. #AvengersEndGame
Pada bulan Mei 2019, setelah 11 tahun dan 22 film Marvel, penonton di seluruh duniamenyaksikan akhir dari suatu era.
Selain memecahkan rekor box office, Avengers: Endgame juga menjadi film yang paling banyak dibicarakan di Twitter, dengan lebih dari 50 juta cuitan sejak awal tahun 2019.
Para penonton di Indonesia bergabung di Twitter untuk membagikan momen-momen favorit dan emosional dari film tersebut.
4. #HiduplahImajinasiRaya
Diciptakan oleh pengusaha dan animator Wahyu Aditya (@maswaditya) hashtag #HiduplahImajinasiRaya memancing imajinasi dan kreativitas seseorang.
Melalui hashtag ini, Wahyu membagikan karya seni dan cintanya pada sepatu olahraga dengan pengguna Twitter di Indonesia serta kebanggaannya dengan Budaya Indonesia dengan seringnya menampilkan brand-brand lokal dalam karyanya.
5. #BiroJomblo
Tagar #BiroJomblo pertama kali dibuat oleh Alitt Susanto (@shitlicious), sebagai cara mempertemukan mereka yang berstatus single alias jomblo.
Alitt sering berbagi cuitan menggunakan tagar tersebut dan mengajak pengguna yang berstatus jomblo untuk berbagi cerita lucu dengan membalas cuitannya.(Ervananto Ekadilla/Suar.ID)