Follow Us

Cerita di Balik Sosok Lembuswana, Simbol Kerajaan Kutai Kartanegara yang Jadi Ikon Museum Mulawarman di Kalimantan Timur

Khaerunisa - Kamis, 29 Agustus 2019 | 07:00
Patung Lembuswana di depan Museum Mulawarman.
Yunaidi/NGT (Kompas.com)

Patung Lembuswana di depan Museum Mulawarman.

Suar.ID - Kutai Kartanegara, sebuah kabupaten yang menyimnpan begitu banyak cerita tentang masa-masa jayanya kerajaan nusantara.

Di sana pernah berdiri sebuah kerajaan yang kuat dan disegani, kerajaan tertua di Indonesia, yaitu kerajaan Kutai Kartanegara.

Meski berabad abad telah berlalu, namun berbagai cerita yang berkaitan dengan kerajaan dan raja-raja Kutai Kartanegara masih begitu kental.

Salah satu wujudnya adalah dengan adanya patung istimewa nan gagah yang disebut sebagai patung Lembuswana.

Baca Juga: Resmi! Jokowi Pindahkan Ibukota ke Kalimantan Timur: 'Lokasi Ibu Kota Baru Paling Ideal Adalah Panajam Panser dan Kutai Kartanegara'

Salah satu Patung Lembuswana bisa kita lihat di depan Museum Mulawarman, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Lainnya ada di Pulau Kumala, tempat rekreasi di tengah Sungai Mahakam.

Dilansir dari Kompas.com, Patung Lembuswana yang ada di Museum Mulawarman merupakan karya seniman Burma pada pertengahan abad ke-19. Tetapi baru menghiasi pelataran kedaton Kutai Kartanegara sejak awal abad ke-20.

Bentuknya begitu khas. Berbelalai bukan gajah, bertaring bukan harimau, bertaji bukan ayam.

Baca Juga: Anak Uje Tak Rela Sang Ibunda Nikah Lagi, Inilah Artis-artis Pria yang Pernah Dikabarkan Dekat dengan Umi Pipik

Patung satwa itu berbadan kuda yang berisisik dan bertaji.

Source : Kompas.com

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest