Follow Us

Bukan WR Supratman, Perempuan Inilah Orang Pertama yang Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Moh. Habib Asyhad - Sabtu, 17 Agustus 2019 | 15:13
Dolly Salim jadi pelantun Indonesia Raya saat Kongres Pemuda II

Dolly Salim jadi pelantun Indonesia Raya saat Kongres Pemuda II

Suar.ID - Wage Rudolf Supratman alias WR Supratman memang komposer sekaligus pencipta lagu kebanggsaan Indonesia, Indonesia Raya.

Tapi tahukah Anda siapa sosok yang pertama menyanyikannya?

Untuk mengetahui jawabannya, kita harus mundur jauh ke belakang dalam perhelatan Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928.

Terkait lagu Indonesia Raya, dalam kongres itu, orang-orang lebih mengenal WR Supratman, komposer sekaligus pencipta lagu kebangsaan Indonesia.

Jarang sekali yang tahu siapa orang pertama yang menyanyikan lagu Indonesia Raya itu. Jangankan tahu, bertanya pun, barangkali tidak.

Dialah Dolly Salim—nama aslinya Theodora Athia Salim—putri pahlawan nasional yang fasih berbicara menggunakan banyak bahasa, Agus Salim.

Bagi Dolly, 28 Oktober 1928 merupakan hari yang tak akan pernah ia lupakan.

Dolly Salim, bersama seorang rekannya dari Minahasa, Johana Tumbuan, merupakan sedikt dari pemudi yang hadir dalam kongres yang berlangsung di Jl. Kramat Raya No 106 Jakarta itu.

Ketika itu, Dolly masih 15 tahun.

Walau awalnya menolak disuruh lantaran merasa secara umur belum masuk kategori pemuda, Dolly akhirnya mau mengikuti ajakan teman-temannya.

Saat itu, Dolly mewakili organisasi kepanduan National Indonesische Padvinderij (Natipij) yang berada di bawah naungan Jong Islamieten Bond (JIB).

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest