Follow Us

Permukaan Bulan akan Memerah, Gerhana Bulan Parsial Satu-satunya Tahun Ini Akan Bisa Disaksikan di Seluruh Indonesia, Catat Waktunya!

Rina Wahyuhidayati - Selasa, 16 Juli 2019 | 17:18
Ilustrasi - Permukaan Bulan Akan Merah, Gerhana Bulan Parsial Satu-satunya Tahun Ini, Akan Bisa Disaksikan Diseluruh Indonesia, Catat Waktunya!
Fred Espenak via NASA

Ilustrasi - Permukaan Bulan Akan Merah, Gerhana Bulan Parsial Satu-satunya Tahun Ini, Akan Bisa Disaksikan Diseluruh Indonesia, Catat Waktunya!

Suar.ID - Gerhana bulan parsial adalah peristiwa saat sebagian permukaan masuk ke bayangan umbra atau bayangan gelap bumi.

Gerhana bulan parsial terakhir tahun ini akan terjadi pada Rabu 17 Juli 2019, jangan lupa catat waktunya!

Saat gerhana bulan parsial terjadi, sekitar 65 persen permukaan bulan akan berwarna merah dan sisanya berwarna putih seperti biasa.

Ini adalah Gerhana Bulan Sebagian satu-satunya yang bisa disaksikan di Indonesia sepanjang tahun 2019.

Baca Juga: Tak Tahu Menikahi Pembunuh Bayaran, Wanita Ini Meregang Nyawa di Tangan Suaminya, Mayatnya Dibawa dalam Sebuah Koper

Istimewanya, Gerhana Bulan Sebagian yang terjadi pada Rabu dini hari nanti dapat disaksikan dengan mata telanjang dan tidak berbahaya sama sekali.

Dikutip dari siaran pers yang dirilis BMKG, Gerhana Bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Peristiwa yang merupakan satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Baca Juga: Tafsir Mimpi Digigit Ikan, Pertanda Keberuntungan Bagi Anda Lo!

Pada Gerhana Bulan Sebagian, Bumi tidak seluruhnya menghalangi Bulan dari sinar Matahari.

Sementara sebagian permukaan Bulan yang lain berada di daerah penumbra.

Sehingga masih ada sebagian sinar Matahari yang sampai ke permukaan Bulan.

Source : tribunnews

Editor : Suar

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular