Follow Us

Lagi Asyik OSPEK di Kampus, 110 Mahasiswa Malah Keracunan Ayam Kecap

Adrie P. Saputra - Sabtu, 22 Juni 2019 | 10:03
110 mahasiswa keracunan makanan saat sedang mengikuti OSPEK.
https://www.thestar.com.my/news/nation/2019/06/19/110-college-students-down-with-food-poisoning/?fbclid=IwAR0sBOP81m-2eoM7GKo2tpMbKrKx4TEHyWOHjs_NXxhXsX8JQfpYVnRyS2g#sIFxp07XxSYdm1iy.99

110 mahasiswa keracunan makanan saat sedang mengikuti OSPEK.

Suar.ID - 110 mahasiswa yang menghadiri OSPEK (masa orientasi studi) di sebuah universitas di Bandar Seri Putra, Kajang, Malaysia, dilarikan ke Rumah Sakit Serdang pada Rabu (19/6/2019) setelah diduga keracunan makanan.

90 mahasiswa perempuan dan 20 mahasiswa laki-laki yang sedang dalam masa orientasi program diploma dan sarjana mengalami sakit perut, diare, dan muntah.

Menurut The Star (19/6/2019), insiden itu terjadi pada hari keempat dari program orientasi yang berlangsung selama seminggu.

Salah satu staf dari universitas menyatakan bahwa banyak mahasiswa mulai mengeluh sakit perut dan muntah pada Selasa malam (18/6/2019).

Baca Juga: 7 Orang Diduga Keracunan Bekal Buatan Sendiri saat Libur Lebaran Bersama Keluarga, Satu Orang di Antaranya Meninggal Dunia

Pihak universitas kemudian mengirim mahasiswa ke Rumah Sakit Serdang untuk perawatan darurat pada keesokan paginya.

"Tak lama setelah melakukan salat Maghrib di malam hari, banyak mahasiswa mulai mengeluh sakit perut dan mulai muntah."

"Ini menyebabkan otoritas universitas mengirim mahasiswa yang terkena dampak ke Rumah Sakit Serdang sekitar pukul 8.30 malam," kata seorang petugas dari universitas tersebut.

Sebelum doa malam, para mahasiswa yang terkena dampak disajikan nasi putih, ayam kurma, dan sayuran di ruang makan universitas antara jam 3 sore dan 7 malam.

Baca Juga: Memanaskan Nasi Tidak Boleh Asal, Begini Loh Aturannya Agar Tidak Menyebabkan Keracunan

Para siswa juga makan nasi putih dengan ayam kecap dan sayuran untuk makan siang sekitar jam 1 siang.

"Universitas menyajikan makanan yang disediakan dari luar kampus untuk para mahasiswa yang menjalani program orientasi selama seminggu ini," lanjut staf dari universitas itu.

Beberapa mahasiswa mengklaim bahwa ayam kecap yang mereka makan untuk makan siang sudah berbau dan terasa tidak enak.

Otoritas universitas kemudian menyimpulkan bahwa hidangan inilah yang menyebabkan para mahasiswa keracunan.

Mohd Aqil, salah satu mahasiswa yang terkena dampak, mengatakan dia muntah sekitar 7 kali sebelum dia akhirnya dibawa ke rumah sakit. (Adrie P. Saputra/Suar.ID)

Source : www.thestar.com.my

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest