Follow Us

Ada Bagi-Bagi Uang Lebaran Juga, Beginilah Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi

Rina Wahyuhidayati - Kamis, 06 Juni 2019 | 20:00
Beginilah Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi
The Gazette via Kompas.com

Beginilah Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi

SUAR.ID - Selain merupakan momen religius, perayaan Idul Fitri dibeberapa negara di belahan dunia ternyata memiliki tradisi unik.

Namun tentunya shalat Idul Fitri menjadi kewajiban untuk dilaksanakan terlebih dahulu, baru kemudian diikuti dengan tradisi-tradisi lainnya.

Begitu pun dengan umat Muslim di Arab Saudi sana.

Dimulai dari sehari sebelum Idul Fitri, laki-laki Arab biasanya akan pergi ke tukang cukur.

Baca Juga: Kisah Driver Ojol, Tetap Antar Pesanan Meski Motornya Dicuri saat Antre, Konsumen Terenyuh dan Lakukan Hal Ini

"Sehari sebelum Idul Fitri, saya bersiap untuk perayaan dengan pergi ke tukang cukur dan memastikan pakaian saya bersih," ungkap Sultan, lelaki Arab yang bermukim di Riyadh, seperti dikutip dari Kompas.com.

Orang Arab biasanya tidak tidur alias begadang pada malam jelang Idul Fitri.

"Biasanya, saya tidak tidur malam sebelum lebaran. Saya menyukai perasaan indah pada malam Idul Fitri," sambung Sultan.

Menurut penuturan Sultan, semua mal, toko, kios barbekyu, dan tukang jahit akan ramai dikunjungi pada malam hari. Semua tempat menjadi sibuk.

Saat Idul Fitri tiba, semua orang akan melaksanakan shalat bersama-sama ke masjid. Yang disambung dengan saling berjabat tangan dengan tetannga untuk menghapus segala kesalahan.

"Kemudian kami berjabat tangan dengan tetangga kami di masjid untuk menghapus perasaan bersalah di antara kami. Ini adalah kesempatan yang suci, dan kami harus mulai dengan hati yang bersih."

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest