Follow Us

Kisah Kakek yang Dianggap Gila karena Nekat 'Membelah Gunung' Selama 22 Tahun Demi Desanya

Adrie P. Saputra - Jumat, 10 Mei 2019 | 03:30
Dasrath Manjhi
Intisari/Adrie P. Saputra

Dasrath Manjhi

Suar.ID - Anda mungkin pernah mendengar cerita tentang pengorbanan seorang pria tua yang membelah gunung berbatu untuk membuat jalan dari desanya ke rumah sakit selama 22 tahun demi banyak orang.

Kisah penuh inspiratif itu telah diangkat dalam film berjudul "Manjhi - The Mountain Man" oleh sutradara India bernama Ketan Mehta.

Berdasarkan pada kisah nyata, film ini membawa kisah Manjhi menjadi terkenal di seluruh dunia sekitar tahun 2015.

Menurut laporan Hindustantimes, Dasrath Manjhi mulai membelah gunung berbatu seluas 91 meter ketika dia terlambat membawa istrinya, Falguni, ke rumah sakit pada tahun 1959.

Baca Juga : Malam-malam Rela Keliling Carikan Tempat Tinggal untuk Pemulung, Netizen dibuat Kagum dengan Kebaikan Hati Baim Wong

Dasrath Manjhi
google

Dasrath Manjhi

"Dia sangat sedih karena istrinya tidak dapat diselamatkan setelah bertemu dokter."

"Dia bekerja tanpa lelah di sebuah tambang dan membangkitkan gagasan membangun jalan dari desanya ke rumah sakit," katanya laporan media setempat.

Dasrath Manjhi membuka akses dari desa ke rumah sakit lebih mudah.
google

Dasrath Manjhi membuka akses dari desa ke rumah sakit lebih mudah.

Manjhi mulai menghabiskan 22 tahun menggali, memecahkan batu menggunakan kapak sampai penduduk desa mengatakan dia gila.

Mengabaikan hinaan dari orang-orang desa, Manjhi akhirnya berhasil mengurangi jarak 70 kilometer dari Gehlaur ke Wazirgang, dan kini hanya butuh satu kilometer dari desanya ke rumah sakit.

Source : SinarHarapan.com.my

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest