Follow Us

Hasil Quick Count Sementara 5 Lembaga Survei, Jokowi-Ma'ruf Unggul

Suar.id - Rabu, 17 April 2019 | 16:44
Hasil quick Count Pemilu dan Pilpres 2019.
Tribun Wow

Hasil quick Count Pemilu dan Pilpres 2019.

SUAR.ID - Hasil quick count Pemilu 2019 akhirnya bisa dipublikasikan setelah waktu menunjukkan pukul 15.00 WIB.

Koordinator Hitung Cepat Litbang Kompas, Ignatius Kristanto, mengatakan, hitung cepat tahun ini cukup unik karena Pilpres dan Pileg akan dilakukan di hari yang sama.

"Ini juga menjadi pengalaman pertama bagi Litbang Kompas. Hitung cepat sebelumnya adalah Pilkada serentak tahun 2018, di tiga provinsi sekaligus, yaitu Pilkada Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," kata Kristanto beberaoa waktu lalu.

Untuk menjaga kredibilitas dan independensi hasilnya, kata Kristanto, maka kegiatan rangkaian riset survei pemilu dan hitung cepat ini dilakukan secara mandiri.

"Segenap kegiatan ini pendanaannya bersifat mandiri, dengan sumber pendanaan seluruh kegiatan berasal dari anggaran kegiatan PT Kompas Media Nusantara (harian Kompas)," papar Kristanto.

Dalam menjalankan kegiatan ini, tidak ada satupun keterikatan pendanaan ataupun jalinan kerjasama pendanaan kegiatan dengan pihak- pihak lain selain PT Kompas Media Nusantara.

Demikian pula pelaksanaannya dilakukan sendiri oleh Unit Litbang Kompas. Selama ini, Litbang Kompas sudah melakukan 15 kali hitung cepat.

Kegiatan pertama dimulai pada perhelatan Pilkada Jakarta tahun 2007.Berikut rangkuman hasil quick count lima lembaga hingga pukul 16.05 WIB:

Baca Juga : Ini Hasil Penghitungan Suara di TPS Jokowi dan TPS Probowo

1. Litbang Kompas data 57,2 persen

Jokowi-Ma'ruf: 54,9 persen Prabowo-Sandiaga: 45,1 persen

2. Indobarometer data 57,08 persen

Editor : Yoyok Prima Maulana

Baca Lainnya

Latest