Follow Us

Kehidupan Sultan Hassanal Bolkiah yang Serba Glamour, Pendapatannya Saja Meningkat Rp2 Juta per Detik

Moh. Habib Asyhad - Sabtu, 06 April 2019 | 13:14
Sultan Hassanal Bolkiah yang hidup bergelimang harta.
News.com.au

Sultan Hassanal Bolkiah yang hidup bergelimang harta.

Suar.ID - Sultan Brunei Sultan Hassanal Bolkiah adalah salah satu raja terkaya di dunia. Kekayaannya hanya kalah dari Raja Thailand.

Bahkan, seperti dilaporkan News.com.au pada Sabtu (6/4), sultan kaya raya ini bisa mendapatkan pendapatan 147 dolar AS (sekitar Rp2 juta) setiap detik.

Di negara kecil Asia di Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah adalah one-man-show.

Dia bukan hanya raja absolut Brunei dan pemimpin tertinggi hukum Islam di negara itu,

Dia juga Perdana Menteri, Menteri Keuangan, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Negara itu.

Dia adalah pengawas polisi, menteri pertahanan dan komandan angkatan bersenjata, dan bahkan kanselir universitas nasional .

Kekayaan pribadi yang diperkirakan mencapai 27,7 miliar dolar AS telah memberinya tempat di antara para penguasa terkaya di dunia.

Sultan Hassanal Bolkiah menjadi yang paling lama memerintah kedua di dunia, setelah Ratu Elizabeth II. Dia naik takhta Brunei selama 52 tahun, setelah mewarisinya dari ayahnya.

Negara kecil di pulau Kalimantan, yang dihuni sekitar 430 ribu orang, mendapat kekayaannya dari ekspor minyak dan gas alam, meskipun sebagian besar penduduknya hidup dalam kemiskinan.

Namun, sultan tidak. Kekayaannya yang luar biasa dikatakan meningkat 147 dolar AS setiap detik, berkat aset minyak yang berharga itu.

Dan dia tidak menemukan cara untuk menghabiskannya.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest