Follow Us

Sisa Makanan dari 8 Ribu Tahun Lalu Ini Ungkapkan Apa yang Dimakan Manusia Zaman Itu

Nieko Octavi Septiana - Rabu, 20 Februari 2019 | 14:05
Neolitikum
Libcom.Org

Neolitikum

Suar.ID - Peneliti di Universitas Bristol telah mengumpulkan hal baru tentang kebiasaan diet manusia pada zaman Neolitikum yang tinggal di dekat Sungai Danube, Eropa bagian tenggara 8.000 tahun yang lalu.

Penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings Of The Royal Society B ini menganalisis lebih dari 200 pecahan tembikar berusia 8.000 tahun.

Penemuan ini memberi penerangan baru mengenai apa yang dimakan pada manusia pada masa Neolitikum yang tinggal di wilayah Iron Gate, Danube.

Sebelumnya diyakini bahwa periode Neolitikum yang dimulai 12.000 tahun yang lalu, menandai berakhirnya Zaman Batu.

Baca Juga : Cerita Penjual Gado-gado di Depan Rumah Ahmad Dhani, Sudah Berjualan Sejak Al, El, dan Dul Masih Kecil

Zaman Neolitikum dipercayai membalikkan pola makan ikan pada zaman Mesolitikum.

Karena pada masa Neolitikum pertanian telah muncul sebagai alternatif yang andal dan memberi jalan kepada diet baru daging dan produk susu.

"Temuan ini mengungkapkan bahwa mayoritas tembikar Neolitik yang dianalisis di sini digunakan untuk memproses ikan atau sumber daya air lainnya," jelas Dr. Lucy Cramp, kepala peneliti dan profesor Departemen Antropologi dan Arkeologi.

fosil ikan dari zaman neolitikum
RGB Stock Images/DYET

fosil ikan dari zaman neolitikum

Ini, tambahnya, sangat berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan jenis tembikar yang sama di daerah sekitarnya yang digunakan untuk ternak, domba untuk daging kambing, dan produk susu.

“Ini juga sangat berbeda dengan hampir semua kumpulan tembikar Neolitik yang sebelumnya dianalisis dari seluruh Eropa (hampir 1.000 residu) yang menunjukkan sumber daya berbasis daratan (sapi/domba/kambing/rusa) yang sebagian besar disiapkan dalam pot memasak, bahkan dari lokasi dekat sungai besar atau pantai," katanya lagi.

Source : allthatsinteresting.com

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest