Follow Us

Jack Ma Gabung Partai Komunis, Ternyata Sudah Sejak Zaman Kuliah

Masrurroh Ummu Kulsum - Sabtu, 01 Desember 2018 | 14:46
Jack Ma
Hollywood Reporter

Jack Ma

Suar.ID – Jack Ma orang terkaya di China yang merupakan ketua eksekutif sekaligus pendiri platform e-commerce terbesar di China, Alibaba, diketahui telah bergabung dengan Partai Komunis di negaranya.

Rupanya, seperti dikutip dari South China Morning Post (SCMP) pada Rabu (28/11/2018), pria 54 tahun tersebut sudah bergabung dengan partai komunis sejak masih berstatus mahasiswa di tahun 1980-an.

Saat itu Ma berusia 20-an, dan menjadi ketua serikat mahasiswa di Hangzhou Normal University.

Ia menjadi anggota partai di tahun keduanya, menurut postingan media sosial salah satu teman sekelas Ma yang banyak beredar di media Tiongkok seperti People's Daily dan Xinhua.

Baca Juga : 5 Fakta Maruli Simanjuntak Menantu Luhut Panjaitan yang Jadi Komandan Paspampres: Dapat Jodoh dari Judo

"Pada saat itu, bergabung dengan partai bukan hanya menuntut belajar keras, tetapi juga integritas, kemampuan organisasi, antusiasme dan idealisme," tulis teman sekelas Ma di pos, menambahkan bahwa Ma "benar-benar satu dari seratus".

Sebagai ketua persatuan mahasiswa, Ma banyak menyuarakan bagaimana membantu teman-temannya yang lain yang kesulitan dan mengadakan berbagai kegiatan.

Di antaranya kontes pencarian bakat untuk memilih 10 penyanyi terbaik dan menggorganisir ratusan mahasiswa untuk mendpatkan uang tambahan dengan menjadi konduktor kereta sementara selama periode perjalanan Festival Musim Semi tahunan.

Orang yang mengaku teman Jack Ma ini belum terungkap identitasnya tetapi ia mengatakan menjabat sebagai ketua persatuan mahasiswa di departemen kimia Universitas pada saat itu.

Baca Juga : Mengharukan, Surat Seorang Bocah untuk ‘Ayah di Surga’ Dapat Balasan Menyentuh dari Pak Pos

Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, Ma bergabung dengan partai karena saat itu ia adalah mahasiswa dan idealis untuk dilakukan kaum muda.

Ia juga ingin melakukan sesuatu untuk negaranya.

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Baca Lainnya

Latest