Follow Us

Waspada, Ini 115 Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Mengandung Bahan Kimia Obat yang Ditarik BPOM

Moh. Habib Asyhad - Kamis, 22 November 2018 | 19:59
Ilustrasi suplemen kesehatan yang ditarik BPOM
medicalnewstoday

Ilustrasi suplemen kesehatan yang ditarik BPOM

Suar.ID - Melalui rilisannya bertanggal 14 November 2018, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik ratusan produk kosmetik ilegal yang dianggap mengandung bahan dilarang/bahan berbahaya.

Tak hanya produk kosmetik ilegal, BPOM juga menarik obat tradisional dan suplemen kesehatan yang mengandung obat bahan kimia yang dianggap berbahaya.

Dalam keterangan itu, selama 2018 BPOM RI menemukan 112 miliar rupiah kosmetik dan/atau mengandung bahan dilarang (BD)/bahan berbahaya (BB).

Mereka juga menemukan 22,13 miliar rupiah obat tradisional (OT) ilega dan/atau mengandung bahan obat kimia (OBK).

Baca Juga : Pacar Mau Nikahi Wanita Lain, Perempuan Ini Bunuh dan Masak Kekasihnya Jadi Nasi Kebuli

Temuan ini merupakan hasil pengawasan produk di peredaran secara rutin, adanya kasus, maupun operasi penertiban ke sarana produksi, sarana distribusi, atau retail.

Masih dari keterangan pers tersebut, temuan kosmetik itu didominasi oleh produk kosmetik yang mengandung merkuri, hidorkinon, dan asam retinoat.

BPOM juga menemukan enam jenis kosmetik yang telah ternotifikasi mengandung BD/BB: pewarna dilarang (merah K3) dan logam berat (timbal).

Mengapa dilarang karena benda-benda tersebut disinyalir bisa menyebabkan kanker, kelainan janin, dan iritasi kulit.

Adapun BKO yang teridentifikasi dalam temuan temuan obat tradisional didominasi oleh sildenafil sitrat, fenibutazon, dan parasetamol yang berisiko menimbulkan efek kehilangan penglihatan dan pendengaran.

Bahan kimia itu juga disebut bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, kerusakan hati, peradangan lambung, hingga gagal ginjal.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest