Pantas Berani Gondol Berangkas Berisi Rp700 Juta, Nyatanya ART Dara Arafah Pernah Terlibat Kasus yang Sama, Begini Nasibnya Usai Ditangkap Bareng Kakasih

Senin, 12 September 2022 | 09:03
Instagram @daraarafah

Inilah akhir dari pelarian ART Dara Arafah yang diduga berkelompok untuk gondol brangkas berisi Rp700 juta, ternyata sempat terlibat kasus yang sama.

Suar.ID - Belakangan sosok selebgram Dara Arafah ramai jadi perbincangan publik.

Bagaimana tidak, ia baru saja jadi korban pencurian di tempat tinggalnya di kawasan Kepala Muda, Koja, Jakarta Utara pada 4 September 2022 lalu.

Pelaku pencurian pun diduga adalah asisten rumah tangga (ART) Dara Arafah sendiri yang menggondol brangkas berisi Rp700 Juta.

Kini baru diketahui kalau ART Dara Arafah yang berinisial M ini pernah terlibat kasus yang sama sebelumnya.

Lalu bagaimanakah nasib ART Dara Arafah usai berhasil ditangkap bersama kekasihnya ini?

Dilansir Kompas.com, Dara sebelumnya sempat melaporkan kasus pencurian yang dialaminya ke Polres Jakarta Utara pada Minggu (6/9/2022) sekitar pukul 19.00 WIB.

Untungnya setelah 4 hari berselang atau tepatnya pada Jumat (9/9/2022), pelaku yang berjumlah 2 orang ini ditangkap oleh Subdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

"Iya dua orang. Satu ART, satu pacarnya ART," ujar Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Indrawienny Panjiyoga, Sabtu (10/9/2022).

Ditangkap di lokasi berbeda

Diketahui, M dan kekasihnya in ditangkap di lokasi yang berbeda yaitu di Ciracas, Jakarta Timur dan Banyumas, Jawa Tengah pada Jumat (9/9/2022) malam.

Kekasih M sendiri ditangkap usai diduga turut terlibat bantu sang ART dalam aksi pencurian brangkas milik Dara Arafah.

Indrawienny pun ungkap kalau jajarannya telah temukan brangkas milik Dara Arafah yang dibawa oleh pelaku kawasan Banyumas, Jawa Tengah.

Hingga kini, Penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya pun masih memeriksa mendalam kedua pelaku.

Pemeriksaan ini pun untuk mengetahui peran masing-masing kala beraksi.

Instagram

Mantan ART Dara Arafah nekat mencuri brankas Rp 700 juta bareng pacar. Tetangganya sebut pelaku punya kebiasaan begini.

"Masih kami dalami pengembangan di lapangan. Nanti kita rilis," kata Indrawienny.

Pernah terlibat kasus sama

Usut punya usut, ART Dara Arafah yang berinisial M ini pun sempat terlibat kasus pencurian sebelumnya.

Polisi menyebutkan M ini pernah mencuri di rumah salah satu mantan majikannya yang juga publik figur.

"Pernah ada, hal yang sama dilakukan pelaku.

"Waktu itu sama figur publik juga (korbannya)," ujar Indrawienny.

Meski begitu, Indrawienny juga tegasskan kalau pelaku ini bukan merupakan residivis gegara korban sebelumnya tak laporkan pencurian yang dilakukan pelaku.

"Bukan residivis. Itu dia belum pernah ditahan, tapi pernah (mencuri), cuma pada saat itu dimaafkan korban," ungkap Indrawienny.

Brangkas berisi Rp700 juta digondol

M pun kini ulangi perbuatannya dengan membawa brangkas milik Dara Arafah yang didalamnya ada uang berjumlah Rp700 juta.

Jumlah uang dalam brangkas ini pun sebelumnya dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Febri Isman Jaya.

"yang bersangkutan kecurian sebuah berangkas yang isinya uang tunai kurang lebih Rp 700 juta dari rumah yang bersangkutan yang bertempat di Jalan Kelapa Muda, Koja," kata Febri.

Febri juga mengatakan kalau M ini sempat mematikan kamera pengawas di dalam rumah Dara Arafah sebelum akhirnya bawa brangkas berisi uang ratusan juta rupiah ini.

"(Kamera) CCTV yang ada di dalam rumah sempat dirusak juga, sehingga kami mungkin menggunakan bantuan (kamera) CCTV dari rumah-rumah tetangga," kata Febri.

Sedangkan, Dara Arafah sendiri lewat akun Instagramnya @daraarafah, ungkap hal senada.

Instagram @dararafah
Instagram @dararafah

ART Dara Arafah ditangkap polisi.

"CCTV kamar dimatiin sama dia ya Allah semoga pelaku bisa ketemu. CCTV garasi juga dimatiin," tulis Dara Arafah dalam akun Instagram pribadinya.

Dara Arafah pun sampaikan kalau ART-nya ini bawa kabur brangkas dari dalam kamarnya yaitu pada Minggu (4/9/2022) sekitar pukul 18.00 WIB.

"Brankas itu posisinya ada di kamar, terus dia ngambilnya jam 6 sore pas magrib.

"Baru sadarnya itu brankas aku sudah enggak ada di rumah pas tanggal 6 jam 12," ungkap Dara usai membuat laporan ke polisi.

Baca Juga: Ngenes! Nadya Arifta Semangati Diri Usai Lihat Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Kian Serius, Kahiyang Beri Kode Bakal Nikah Bulan Desember ini?

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya