Mengharukan, Demi Temukan Anaknya yang Hilang, Terungkap Usaha Keras Ridwan Kamil Sebagai Ayah saat Mencari Emmeril Kahn

Selasa, 31 Mei 2022 | 07:38
Instagram @emmerilkahn @ataliapr

Terungkap usaha Ridwan Kamil demi temukan anaknya, Eril di sungai Aare, Swiss.

Suar.ID -Demi Temukan Anak yang Hilang, Terungkap Usaha Keras Ridwan Kamil Sebagai Ayah saat Mencari Emmeril Kahn.

Usaha pencarian anak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz masih terus dilakukan.

Diberitakan, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dinyatakan hilang setelah terseret arus Sungai Aaree, Bern, Swiss saat berenang pada Kamis (26/5/2022) siang hari waktu setempat.

Hingga berita ini ditulis, Senin (30/5/2022), lelaki berusia 23 tahun tersebut belum ditemukan.

Adapun update perkembangan pencarian Eril adalah dua usaha Ridwan Kamil dalam menemukan sang putra sulung.

Terbaru, Mabes Polri telah resmi mengirimkan surat pengajuan yellow notice atau pencarian orang hilang kepada Interpol Swiss.

Selain itu, pencarian Eril difokuskan di antara dua pintu air menggunakan perahu serta menggunakan metode teropong untuk memantau situasi di bawah air.

Berbagai cara dilakukan Ridwan Kamil agar bisa segera menemukan sang putra.

Emil, sapaan karibnya, ikut serta dalam usaha pencarian Eril bersama dengan sang istri, Atalia Praratya.

Dalam foto yang dibagikan pihak Kedutaan Besar RI di Bern, Emil terlihat bersama dengan Kepala Polisi Maritim Urs Kaser, Kepala Polisi Regional, Thomas Mueller, serta Dubes Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad.

Kedubes RI di Bern menulis, pencarian Eril akan lebih diintensifkan dengan menggunakan perahu serta drone.

Urs Kaser dan Thomas Mueller mengatakan, akan selalu memberikan update perkembangan pencarian kepada Ridwan Kamil.

"Pada Sabtu siang, pencarian belum sesuai apa yang diharapkan," imbuh pihak Kedubes RI, melansir Tribunnews.

Selama proses pencarian, Ridwan Kamil sempat menanyakan penjelasan teknis terkait topografi dari Sungai Aare.

Hal ini disampaikan Muliaman Hadad seperti dikutip dari Kompas TV.

Dok. Ridwan Kamil
Dok. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil dan Atalia Praratya (kanan) bertemu dengan Kepala Polisi Maritim Urs Käller dan Kepala Polisi Regional Thomas Müller untuk mendengarkan informasi terbaru terkait proses pencarian Emmeril Kahn Mumtadz sejauh ini.

"Saya bertemu bersama dengan Pak RK (Ridwan Kamil) dengan mereka."

"Mereka sangat profesional dan Bapak Gubernur banyak berikan pertanyaan teknis dan kemudian diberikan gambaran mengenai topografi sungai, kekuatan arus sungai dan sebagainya," katanya.

Usaha lain yang dilakukan Ridwan Kamil adalah memperpanjang cuti selama sepekan dari Minggu (29/5/2022) hingga Sabtu (4/6/2022).

Selama cuti, Ridwan Kamil akan terus memantau perkembangan pencarian sang anak.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja dalam konferensi pers yang ditayangkan melalui kanal YouTube Biro Adpim Jabar.

Setiawan mengatakan izin cuti Ridwan Kamil telah disetujui oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

"Karena adanya musibah maka Pemerintahan Provinsi Jawa Barat mengambil inisiatif khususnya tanggal 29(Mei) - 4 Juni untuk meminta kepada Menteri Dalam Negeri terkait dengan izin (cuti)."

"Alhamdulillah, tanggal 28 Mei, Menteri Dalam Negeri memberikan surat izin terkait dengan izin ke luar negeri dengan alasan penting," kata Setiawan pada Senin (30/5/2022).

Setiawan menjelaskan, selama Ridwan Kamil melakukan cuti, pemerintahan Provinsi Jawa Barat akan dipimpin oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

"(Jawa Barat) akan dipimpin oleh Wakil Gubernur yang harus berkoordinasi dan bertanggung jawab tetap Gubernur (Ridwan Kamil)."

"Otomatis, jalannya pemerintahan ini dalam kurun waktu hingga 4 Juni akan dipimpin oleh Bapak Wakil Gubernur," jelasnya.

Kompas.com

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memantau langsung pencarian Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), di sepanjang Sungai Aare, Kota Bern, Swiss.

Baca Juga: 'Ingin Memastikan', Sedihnya Kehilangan Sang Putra, Istri Ridwan Kamil Ungkap Pesan Terakhir Emmeril Kahn Sebelum Hanyut, Atalia Praratya: Pemuda yang Bertanggung Jawab

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Kompas TV, Tribunnews

Baca Lainnya