'Istrimu Bukan Samsak Tinju Woy!', Komunitas Santri GNH Mengecam Video Ceramah Oki Setiana Dewi yang Seolah Membenarkan Istri Berbohong Saat Alami KDRT untuk Tutup Aib Suami

Kamis, 03 Februari 2022 | 12:36
Instagram

Oki Setiana Dewi

Suar.ID - Pendakwah Oki Setiana Dewi baru-baru ini ramai dibicarakan di Twitter karena video dakwahnya yang viral.

Video tersebut membahas tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Kata "Ustadzah" pun akhirnya menjadi trending di Twitter.

Dalam video yang beredar, Oki menceritakan sebuah kisah nyata pasangan suami istri di Jeddah yang sedang bertengkar.

Baca Juga: 'Saya Pasti Jadi Pengangguran Kalau di Sana', Netizen Syok dengan Pernyataan Lee Jeong Hoon Terkait Cara Dapat Pekerjaan di Korea Selatan

"Ada sebuah kisah nyata di Jeddah.""Suami istri lagi bertengkar, suaminya marah luar biasa pada sang istri.""Dipukulah wajah istri.""Kemudian istrinya menangis, tiba-tiba bel pintu rumah berbunyi."

Baca Juga: Fakta Baru Penjara Pribadi Bupati Langkat Terungkap, Rupanya Inilah Identitas Sosok Pria yang Babak Belur di Penjara ini, Siapa?

Kemudian Oki mengatakan bahwa saat istri itu membuka pintu masih dalam keadaan sembab dan ternyata yang datang adalah orangtuanya.

"Suaminya dari jauh deg-dean, ya Allah istriku ini pasti ngadu sama mertua.""Orangtua tanya kepada si perempuan ini, 'Anakku kenapa?'""'Kok kamu nangis sembab begitu kenapa?'"

Saat ditanya orangtuanya, istri itu kemudian diceritakan memilih untuk berbohong agar bisa menutupi aib suaminya yang melakukan KDRT."Istrinya mengatakan, 'Ibu Ayah, ya Allah, aku tu tadi berdoa sama Allah.'"

Baca Juga: Kabar Rujuknya Bak Isapan Jempol Padahal Gisel Sudah Buka Hatinya Selebar-lebarnya, Kini Gading Marten Malah Tegas Sebut Ogah Rujuk: Sampai Kapanpun Berteman

"'Aku rindu sama ibu sama ayah udah lama nggak ketemu.'""Aku tu nangis karena aku rindu sama ibu sama ayah.'""'Eh taunya Allah langsung menjawab doa aku.'""Suaminya dari kejauan, 'Ya Allah ni istri, padahal bisa lo ngadu sama orangtuanya.'" kata Oki dalam video viral.

TikTok

Oki Setiana Dewi

"Kan kalau perempuan kadang-kadang suka lebay ceritanya enggak sesuai kenyataan."

"Orang kalau lagi marah, lagi sakit hati ceritanya suka dilebih-lebihkan," imbuhnya.

Terharu dengan sikap istrinya yang menutupi aibnya, suami tersebut kemudian diceritakan oleh Oki langsung berubah dan semakin menyayangi istrinya.

Baca Juga: Bak Belum bisa Move On, Ahmad Dhani Cantumkan Nama Maia Estianty di Menu Restoran Barunya, Menu Mulan Jameela jadi Sorotan: Tega Jual Lidah Istri Sendiri!

"Suaminya luluh hatinya, menyimpan aibku sendiri, luar biasa."

"Makin sayang dan cinta lah suaminya tersebut," kata Oki."Jadi enggak perlu cerita yang menjelek-jelekkan pasangan kita sendiri," sambung Oki. Video yang viral di media sosial itu kemudian ramai hingga Twitter dan menuai kecaman.

TikTok

Oki Setiana Dewi

Akun Khazanah GNH (@na_dirs), yang diikelola oleh Komunitas Santri Gus Nadirsyah Hosen, mengomentari video Oki yang viral dengan menulis:"Kasih tahu sama sang ustadzah, kalau suami mukul istri itu sebenarnya bukan aib yang harus ditutupi oleh istri.""Itu KDRT. Harus lapor polisi. Cerita-cerita begini justru membuat istri dipaksa menerima kelakuan suaminya yang brengsek atas nama jaga aib suami.""Istrimu bukan samsak tinju woy!"

Baca Juga: Ferry Irawan Ngebet Nikahi Venna Melinda, Verrell Bramasta Berikan Syarat Khusus untuk Calon Ayah Tiri: Tolong Jangan!

Banyak juga netizen kemudian mengkritik dan menggeruduk Instagram Oki Setiana Dewi karena seolah membenarkan perilaku KDRT.

"Kdrt itu boleh yes?" tulis akun @erwinf_1997."Kdrt ga boleh bilang-bilang karena aib, kalau sampe mati atau cacat gmn ibu ustadzah?" tulis akun @mahendradewanto."Nutup aib suami bukan nutup kdrt dari orang lain. Get help sis, imagine how many women suffering from abusive relationship and endure all the pain just to be obligated to their husband," tulis akun @titiesandriaaa."Mohon maaf Ustadzah Oki, bukankah KDRT sudah masuk ke dalam ranah kriminal ya? Karena sudah mencelakai dan mencederai manusia lain? Apakah perempuan-perempuan yang mengalami kekerasan secara fisik, verbal, seksual, dan berbagai macam kekerasan lainnya, hanya boleh diam saja? Bukankah Allah SWT menciptakan tubuh kita untuk dijaga dan tidak untuk disakiti? Bukankah kita punya hak sepenuhnya atas tubuh kita sendiri? Lantas mengapa ketika tubuh kita disakiti, kita hanya boleh berdiam diri dengan memendam semuanya sendirian, padahal tubuh kita sudah mengalami cedera yang luar biasa. Dan ya, tidak hanya itu ustadzah, bagaimana dengan kesehatan jiwa yang dialami para korban kekerasan? Apakah dibiarkan berlalu begitu saja? Tanpa adanya penanganan? Sungguh menyakitkan sekali ya ustadzah sebagai seorang perempuan," tulis akun @itsnotoriginall.

Editor : Adrie Saputra

Sumber : instagram.com, twitter.com

Baca Lainnya