Sekelas Menko Kok Bilang Begini Sih! Muhadjir Efferndy Sebut Bupati Langkat Yang Kerangkeng Manusia Tidak Punya Niat Buruk

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:44
TribunStyle.com/kolase, Dok Polda Sumut dan YouTube Tiorita

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut, Bupati Langkat yang punya kerangkeng manusia tidak punya niat buruk.

Suar.ID -Pernyataan kontroversial dilontarkan oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy terkait Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Peranginangin.

Kita tahu, selain kasus korupsi yang menjeratnya, Terbit Rencana Peranginangin jadi perbincangan karena punya kerangkeng pribadi di dalam rumahnya.

Kerangkeng pribadi itu terbukti dipakai untuk mengurung puluhan orang yang diduga sebagai pekerja perkebunan sawit.

Baca Juga: Sangat Tidak Manusiawi, Inilah Foto Toilet yang Ada di Dalam Kerangkeng Manusia Milik Bupati Langkat Nonaktif: Satu Kloset Jongkok untuk Puluhan Orang

Secara umum, Muhadjir Effendy bilang bahwa kerangkeng manusia yang berisi 40an orang itu adalah tindakan yang tidak manusiawi.

Meski begitu, dia bilang, keberadaan kerangkeng itu belum bisa jadi alasan soal adanya upaya perbudakan moden oleh Bupati Langkat.

Muhadjir Effendy sendiri sudah melihat kondisi kerangkeng manusia itu.

"Memang tidak manusiawi," ujar Muhadjir Effendy setelah melihat fisik lokasi dan ruang kerangkeng tersebut, Kamis (27/1) kemarin.

Walau begitu, "Itu tidak cukup dijadikan dasar untuk menyimpulkan bahwa telah terjadi semacam praktik perbudakan."

Baca Juga: 'Ibu dari Kesehatan, Lebih Paham', Inilah Sosok Istri Bupati Langkat yang Sempat Pamerkan Kerangkeng Manusia di Rumahnya, Terbongkar Tugas Khusus Tiorita!

Yang juga mengherankan, bisa-bisanya Muhadjir Effendy punya pikiran positif terhadap Bupati Langkat yang dia sebut tidak mungkin tidak manusiawi.

dok. Kompas.com
dok. Kompas.com

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut, Bupati Langkat yang punya kerangkeng manusia tidak punya niat buruk.

Pernyataan itu bermodal informasi yang dia dengar soal orang-orang yang berada di situ merupakan pecandu narkoba.

"Saya nggak yakin, sebagia seorang bupati yang bersangkutan punya tabiat seburuk itu," kata Muhadjir.

Baca Juga: Ikut Seret Keluarga Besar, Terungkap Peran Istri Bupati Langkat di Penjara Pribadi Rumahnya, Tanggung Jawab Lakukan Hal Ini

"Apalagi informasi awal menunjukkan, di tempat itu juga berfungsi sebagai tempat untuk menangani dan memulihkan para pecandu narkoba."

Karena itulah Muhadjir Effendy meminta masyarakat untuk tidak mencampur-campur kerangkeng itu dengan korupsi yang menjerat Bupati Langkat itu.

Kompas.com

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut, Bupati Langkat yang punya kerangkeng manusia tidak punya niat buruk.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya